ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI PADA MINUMAN TRADISIONAL BIR PLETOK BABEH BOYO JAKARTA

Authors

  • Iskandar Yusup Universitas Pamulang
  • Sinta Sulistiani Universitas Pamulang

Abstract

This research aims to analyze product quality and marketing strategies towards consumer loyalty to the traditional beer Pletok "Babeh Boyo" drink. This research is qualitative research with a descriptive approach. The data sources obtained are primary and secondary data. Data collection methods used interviews, observation, Key Informants, and FGD (Forum Group Discussion). Researchers use confirmability tests. Data analysis techniques use EFAS, IFAS, IE Matrix, and SWOT Matrix. The results of this research state that the Analysis of Product Quality and Marketing Strategy on Consumer Loyalty has a close relationship or has an influence on consumer loyalty. This is stated in several consumer statements that they are satisfied with the product quality and marketing obtained in the Traditional Beer Pletok Drink "Babeh Boyo" The sense of satisfaction felt by consumers results in loyal consumers and they can recommend them to others.

 

References

Astari, T. (2021). ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KEUANGAN PADA MULTIMART 1000 AMBARAWA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Pringsewu).

Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Performa: JurnalManajemen dan Start-up Bisnis, 3(2), 215-221.

AUWALIN, M. N. (2018). Analisis Strategi PemasaranDalamMeningkatkanLoyalitasKonsumenDitinjaudari Ekonomi Islam (StudiKasus di Bakpia Eka Tulungagung).

Alfirdaus, F. F. (2024). Diskursus loyalitas konsumen musik: Studi diskursif pengguna Spotify bajakan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Budianto, A. (2015). ManajemenPemasaran. Yogyakarta: Ombak, 11-57.

Chaniago, H. (2020). Analisiskualitaspelayanan, kualitasproduk, dan harga pada loyalitasKonsumen nano store. International Journal Administration, Business and Organization, 1(2), 2020.

Firmansyah, M. A., &Mahardhika, B. W. (2018). Pengantarmanajemen. Deepublish.

Garaika, G., &Feriyan, W. (2019). Promosi dan pengaruhnya terhadap terhadap animo calon mahasiswa baru dalam memilih perguruan tinggi swasta. JurnalAktual, 16(1), 21.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., &Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Komunikata57, 1(1), 50-59.

Juniantara, I. M. A., &Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruhpersepsiharga, promosi, dan kualitaspelayananterhadapkepuasan dan dampaknyaterhadaployalitaskonsumen(Doctoral dissertation, Udayana University).

Kasmita, M., Mendrofa, S. A., Elwardah, K., Susandi, D. G., & Akbarina, F. (2024). Gaya Hidup Sehat Sebagai Moderasi Pengaruh Label halal, Food Quality dan Keamanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 4240-4246.

Lubis, N. I. (2019). Analisis Loyalitas Konsumen Produk Berlabel Halal. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 51-59.

Maramis, F. S., Sepang, J. L., &Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: JurnalRiset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Nurhadi, N. N. (2019). Manjemen Strategi PemasaranBauran (Marketing Mix) Persepktif Ekonomi Syariah. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2).

Nurkholiq, A., Saryono, O., & Setiawan, I. (2019). Analisis pengendalian kualitas (quality control) dalam meningkatkan kualitas produk. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 6(2), 393-399.

Ranitaswari, P. A., Mulyani, S., &Sadyasmara, C. B. (2018). Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas produk kopi dan kualitas pelayanan menggunakan metode importance perfomance analysis (studikasus di geo coffee). JurnalRekayasa dan Manajemen Agroindustri, 6(2), 147-157.

Rukmana, W. R. (2021). PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN NOVOTEL HOTEL BANDUNG (Doctoral dissertation, Program Studi S1 ManajemenFakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama).

Rafiah, K. K. (2019). Analisis pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dalam berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. Al Tijarah, 5(1), 46-56.

Rahman, H. M. I. (2018). Analisis Komunikasi Pemasaran Sate Taichan Kanee Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen (Studideskriptifkualitatif Pada Sate Taichankaneeseturan) (Doctoral Dissertation, Universitas Pembangunan Nasional" Veteran" Yogyakarta).

Saputri, A. D., Handayani, S., & Dp, M. K. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pt Putra Karisma Palembang. Jurnal Nasional Manajemenpemasaran& Sdm, 2(1), 25-42.

Sulaiman, A., & Asmawi, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Dan Profitabilitas Pada Rich’ S Coffe. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 19-29.

Wibowo, D. H. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Jurnal analisis strategi pemasaran. JAB, 29(1).

Yuliana, Y. (2017). Upaya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Pendekatan Kualitatif Pada Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Di Fakultas Ekonomi Umn Al Washliyah Medan Ta 2013/2014. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 2(2), 282-289.

Zevi, I. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada Pt. Proderma Sukses Mandiri (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Published

2024-10-01

Issue

Section

Articles