PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN INDUSTRI SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2022

Authors

  • Gina Fauziah Universitas Pamulang
  • Rizka Wahyuni Amelia Universitas Pamulang

Keywords:

Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Return Saham

Abstract

This study aims to determine the partial and simultaneous effects of Economic Value Added (EVA) and Market Value Added (MVA) on stock returns in food and beverage sub-sector industrial companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the 2018-2022 period. The research method uses a quantitative approach. The research population includes 84 food and beverage sub-sector industrial companies listed on the IDX during the 2018-2022 period, with a sample of 5 food and beverage sub-sector industrial companies listed on the IDX during the 2018-2022 period selected through purposive sampling method. The data used is secondary data, which is collected through documentation and literature studies. Data analysis was carried out with descriptive statistics, selection of panel data regression estimation models, classical assumption tests, panel data regression tests, and coefficient tests using EViews version 12. The results showed that EVA partially had no significant effect on stock returns (Prob. value 0.714> 0.05, tcount 0.371 < ttable 2.074). Meanwhile, MVA partially has a positive and significant effect on stock returns (Prob value. 0.0005 <0.05, tcount 4.066> ttable 2.074). Simultaneously, EVA and MVA have a positive and significant influence on stock returns by 37,8%, while 62,2% is influenced by other variables not examined (Prob value. 0.002 < 0.05; fcount 8.305 > ftabel 3.443).

References

Abdullah, M. Ma’ruf. (2021). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ahmad, Kamaruddin. (2015). Dasar-dasar Manajemen Investasi dan Portofolio. Jakarta: Rineka Cipta.

Adiguna. (2017). Analisis Kinerja Keuangan dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) pada Perusahaan Plastik dan Kemasan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011-2015. Jurnal EMBA, 5(2), 365-486.

Andrias, S., & Margasari, A. (2018). Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap return saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(5), 490-500.

Angelica, F., Mohklas, & Latifah, N. (2022). Analisis Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap return saham (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2017-2019). Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 01(01), 113-122.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. (2006). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat Suharli.

Husnan, Suad., dan Pudjiastuti, Enny. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Muiszudin, & Budiarti, L. (2016). Pengaruh (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap return saham pada Perusahaan yang diperdagangkan di Bursa Efek indonesia. Jurnal Manajemen MOTIVASI, 12(3), 741-746.

Rachman, N. A. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada 54 sektor industri food and beverages yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) pada tahun 2011-2015. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(5), 405- 416.

Ramadhani, E., Putri, L. K., & Nuraeni, I. (2021). Pengaruh EPS, 4 ROE, dan NPM terhadap saham perusahaan makanan dan minuman di BEI. Jurnal Jumanis-Baja, 3(02), 134–169.

Sihombing, Pardomuan Robinson. (2022). Aplikasi EViews untuk Statistisi Pemula. Bekasi: PT Dewangga Energi Internasional.

Silalahi, E., & Manullang, M. (2021). Pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added terhadap return saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 7(1), 30-41.

Stewart, G. Bennett. (1991). The Quest for Value. New York City: HarperCollins.

Sugiyanto, Eviatiwi Kusumaningtyas., Subagyo, Eko., Adinugroho, Wahyu Catur., Jacob, Jufri., Berry, Yunike., Nuraini, Ani., Sudjono., & Syah, Silvana. (2022). Konsep dan Praktik Ekonometrika Menggunakan Eviews. Lamongan: Academia Publication.

Sunaryo, Deni. (2019). Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Periode Tahun 2010-2018. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(2), 151-161.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodelogi Penelitian Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Topowijono, R. A. K. (2018). Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap return saham (Studi pada Perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(3), 65-72.

Yani, Rapika Indri. (2023). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub sektor Manufaktur Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2021. (Skripsi Sarjana. Universitas Lampung).

Published

2024-08-05

Issue

Section

Articles