LPP RRI PADANG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI MASSA DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI PUBLIK

Authors

  • Pepy Arianti Universitas Negeri Padang
  • M. Owen Alpino Universitas Negeri Padang
  • Rizki Syafril Universitas Negeri Padang

Abstract

Radio Republik Indonesia (RRI) adalah media penyiaran milik Indonesia yang stasiun penyiarannya tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Kota Padang. RRI adalah radio yang menyandang nama negara, yang siarannya ditunjukkan untuk kepentingan bangsa. RRI sebagai radio yang dikelola langsung oleh negara harus independen, netral dan tidak komersial berfungsi memberikan pelayanan penyiaran informasi, pendidikan, hiburan yang seusai dengan karakter bangsa, kontrol sosial, serta menjaga citra bangsa di kancah internasional. Karena hal tersebut, RRI memegang peranan penting dalam hal penyampaian informasi untuk masyarakat luas atau yang disebut informasi publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui LPP RRI Padang sebagai media komunikasi massa dalam menyampaikan informasi publik yang merupakan wujud dari LPP RRI Padang sebagai media penyiaran independen milik negara. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa LPP RRI Padang sebagai media komunikasi massa dalam menyampaikan informasi publik begitu penting dalam pemenuhan visi LPP RRI Padang. Dalam penyampaian informasi publik, LPP RRI Padang terdapat tiga programa yang disiarkan sesuai dengan tema informasi publik yang disampaikan serta sasaran audience. yaitu RRI Programa 1, RRI Programa 2, dan RRI Programa 4.

References

I. Gunawan, "Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik," Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

L. J. Moleong, "Metodologi Penelitian Kualitatif," Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Nurudin, "Pengantar Komunikasi Massa," Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

I. P. Hadi, M. Wahjudianata, I. I. Indrayani, “Komunikasi Massa,” Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media, 2021

Z. Hidayat, F. Hasmawati, and M. R. Hamandia, "Komunikasi Massa pada Media RRI Palembang dalam Eksistensi Media Online (RRI.CO.ID)," Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital, vol. 1, no. 3, pp. 1-10, May 2024. DOI: 10.47134/jbkd.v1i3.2490.

N. Amalia, T. Hendra, Khairuddin, and Y. Afandi, "Strategi Komunikasi Penyiar Program Sharing Time Pro 2 RRI Bukittinggi Dalam Meningkatkan Jumlah Pendengar," Innovative: Journal of Social Science Research, vol. 3, no. 2, pp. 3148-3160, 2023. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative.

S. Pebriane and M. Sucahya, "Strategi Komunikasi Radio Republik Indonesia (RRI) Banten Dalam Mensosialisasikan Wisata dan Budaya Banten Kepada Masyarakat," SENASKAH: Seminar Nasional Komunikasi Administrasi Negara dan Hukum, vol. 1, pp. 181-188, 2023. DOI: 10.30656/senaskah.v1i1.239.

Published

2024-06-21

Issue

Section

Articles