PERPUSTAKAAN DIGITAL MENGGUNAKAN TEKNOLOGI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY

Authors

  • Andri Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

New normal adalah istilah yang mengacu pada berbagai aktivitas yang berbeda dari sebelumnya, dan masyarakat harus dapat beradaptasi dengan lingkungan baru agar aman dari virus COVID-19. Sebagai unsur penunjang kegiatan pendidikan dan pengajaran, perpustakaan saat ini dilakukan secara online dan harus menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Di masa wabah, masyarakat khususnya pengguna dan cendekiawan yang semakin tertarik untuk belajar memiliki permintaan yang meningkat terhadap perpustakaan digital. Keunggulan perpustakaan digital dengan teknologi virtual reality ini adalah pengguna dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja atau menggunakan jaringan internet untuk mendukung operasional, dan sistem ini dinilai paling cocok untuk era milenial yang dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan informasi dan koleksi perpustakaan. dan dengan kecepatan yang cukup. Perpustakaan mitra penelitian ini adalah perpustakaan ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) yang terletak di wilayah Kebagusan IV Dalam, Kebagusan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan. Dalam rangka beradaptasi dengan perkembangan modern dan beradaptasi dengan normal baru, perpustakaan akan mewujudkan digitalisasi, sehingga pustakawan atau pengguna dapat terus membaca dan memperoleh informasi perpustakaan sesuai dengan kebutuhannya kapan saja, di mana saja dan dengan mudah.

References

K. G. Pambayun, “Digital Libraries During Covid-19 Pandemic: A Bibliometric Analysis And Information Mapping,” Indonesian Journal Of Librarianship, Pp. 17–30, 2021.

S. Suharti, “Layanan Perpustakaan Di Masa Pandemi Covid 19,” Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Vol. 3, No. 2, Pp. 53–64, 2020.

R. Chambers, “Participatory Rural Appraisal (Pra): Analysis Of Experience,” World Dev, Vol. 22, No. 9, Pp. 1253–1268, 1994.

A. Hendini, “Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak),” Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. 4, No. 2, 2016.

J. Junaeti And A. Arwani, “Peranan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi (Konstruksi Pelayanan, Strategi, Dan Citra Perpustakaan),” Libraria: Jurnal Perpustakaan, Vol. 4, No. 1, Pp. 27–54, 2016.

M. Jamil, “Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (Vr) Di Perpustakaan,” Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Vol. 1, No. 1, Pp. 99–113, 2018.

S. Ariatama, M. M. Adha, R. Rohman, A. T. Hartino, And P. U. Eska, “Penggunaan Teknologi Virtual Reality (Vr) Sebagai Upaya Eskalasi Minat Dan Optimalisasi Dalam Proses Pembelajaran Secara Online Dimasa Pandemik,” In Semnas Fkip 2021, Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung16 Februari 2021, Bandar Lampung., 2021.

I. W. K. Sasmita, I. M. Putrama, And G. S. Santyadiputra, “Pengembangan Virtual Reality Untuk Digitalisasi Mandala 2 Di Pura Besakih,” Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), Vol. 11, No. 1, Pp. 1–11, 2022.

N. H. Yunus And A. Tahir, “Pemanfaatan Digital Library Pada Perpustakaan Kampung Pendidikan Desa Kuajang Kabupaten Polewali Mandar,” Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2, No. 1, Pp. 27–33, 2020.

Published

2023-10-14

Issue

Section

Articles