PEMBUATAN GAME 3D "VIRUS CORONA" MENGGUNAKAN UNITY BERBASIS ANDROID
Abstract
Di tahun 2021 ini, penggunaan smartphone sudah sangat umum di kalangan masyarakat, bahkan anak-anak pun sudah terbiasa menggunakan perangkat smartphone. Sebagian besar smartphone ini berjalan di sistem operasi Android atau iOS. Membuat game dari nol memang tidak mudah apalagi dengan modal yang terbatas walaupun menggunakan game engine gratisan seperti unity membuat tantangan untuk menyelesaikan game ini seperti yang dialami oleh developer dan pembuat game lainnya. tidak akan pernah selesai. Salah satu challenge tersebut adalah menyimpan skor pemain dimana ketika pemain mencapai skor tertinggi pemain terkadang lupa dengan rekor skornya sendiri, diperlukan penyimpanan top skor, dimana skor tertinggi akan disimpan sebagai top skor dan jika pemain sudah melewati top skor itu akan secara otomatis diperbarui sebagai top skor baru. Dalam perancangan sistem ini digunakan metode pengembangan sistem GDLC (Game Development Life Cycle). Ada 6 tahapan yang digunakan dalam metode pengembangan GDLC, yaitu: a. Inisiasib. Pra-Produksi c. Produksi d. Pengujian e. beta f. Rilis Dalam pembuatan game ini penulis menggunakan fitur scene pada unity engine untuk membedakan setiap level agar game dapat dijalankan lebih ringan dan tidak memakan banyak memori. yaitu virus corona dapat menyebar dengan cepat dan membunuh banyak orang yang disimbolkan dengan koin dan bola disimbolkan dengan virus yang terus memakan koin selama pertandingan berlangsung.
References
A. J. Publikasi Et Al., “Sosialisasi Pelatihan Motorik Logika Anak Melalui Media Permainan Coding Di Taman Baca Peka,” Vol. 1, No. 2, Pp. 216–220, 2022.
R. Nuari And N. Ratama, “Implementasi Algoritma Kriptografi Aes (Advanced Encryption Standard) 128 Bit Untuk Pengamanan Dokumen Shipping,” J. Artif. Intell. Innov. Appl., Vol. 1, No. 2, Pp. 2716–1501, 2020, [
G. S. Sayyid Adzeem Farhan, Aditya Nur Hakim, Chandrika Komara Tungga, Hilda Febrianti, Novelia Ramadhani, Perani Shakina, Rangga Ariansyah, Rizky Setyaning Gusti, Salsabila Asya Assafah, Tubagus Ardian Maulana, “Penyuluhan Penggunaan Media Sosial Dan Game Online Secara Berlebihan Di Sdn Kademangan 01 Tangerang Selatan Membuat Kinerja Menjadi Lebih Cepat , Tepat , Serta Akurat Sehingga Dapat Meningkatkan Produktivitas . Sesuai Membawa Pengaruh Besar Bagi Pelajar .,” Vol. 1, No. 2, Pp. 41–45, 2022.
C. P. Paramitha, M. Risnasari, And S. D. Saputro, “Pengembangan Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Java Desktop Di Sma Darul Kholil Bangkalan,” J. Ilm. Edutic, Vol. 4, No. 2, Pp. 63–70, 2018.
A. F. Rochim, A. Rafi, A. Fauzi, And K. T. Martono, “As-Rad System As A Design Model Of The Network Automation Configuration System Based On The Rest-Api And Django Framework,” Kinet. Game Technol. Inf. Syst. Comput. Network, Comput. Electron. Control, Vol. 4, Pp. 291–298, 2020, Doi: 10.22219/Kinetik.V5i4.1093.
N. Ratama, S. Mulyati, T. Informatika, And U. Pamulang, “Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Materi Pembelajaran Pada Guru Mi Hidayatull,” Vol. 1, No. 2, 2022.