PENGARUH RETURN ON ASSET DAN CURRENT RATIO TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA PT UNILEVER INDONESIA TBK PERIODE 2013-2022
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang ditujukan untuk menganalisis mengenai pengaruh Return On Asset (ROA) Dan Current Ratio (CR) terhadap perubahan laba pada PT Unilever Indonesia Tbk . Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan yang di publikasikan di website PT. Unilever Indonesia Tbk https://www.unilever.co.id. Populasi yang diteliti berupa laporan keuangan tahunan PT Unilever Indonesia Tbk. selama 10 tahun mulai tahun 2013 sampai dengan tahun 2022. Variabel bebas yang diteliti adalah rasio keuangan yaitu Return On Asset (ROA) Dan Current Ratio (CR), sedangkan variabel terikatnya adalah perubahan laba. Teknik analisisnya menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Return On Asset (ROA) Dan Currtent Ratio (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba PT Unilever Indonesia Tbk. Artinya, kinerja keuangan perusahaan tersebut tidak secara signifikan dipengaruhi oleh tingkat pengembalian aset dan rasio keuangan saat ini. Dengan demikian, faktor-faktor lain mungkin memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap perubahan laba perusahaan tersebut. Dan manajemen perusahaan memaksimalkan aset atau kekayaan perusahaan untuk menghasilkan dan meningkatkan laba.
References
Adyana M, Nyoman K. (2012). Pengaruh rasio-rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi & Bisnis Vol. 7, No. 2, Juli.
Agus Harjito dan Martono, 2011. Manajemen Keuangan, Edisi Kedua, Cetakan. Pertama, Penerbit EKONISIA, Yogyakarta
Atmaja, L. S. (2008). Teori dan Praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Bahri, S. (2018) Metodologi penelitian bisnis: lengkap dengan teknik pengolahandata SPSS. Yogyakarta: Andi.
Bahri, S. 2018. Metode Penelitian Bisnis – Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. ANDI: Yogyakarta.
Fahmi, Irham. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, I. (2014). Analisa Kinerja Keuangan, Cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta.
Fahmi, Irham, 2014. Pengantar Manajemen Keuangan (Teori Soal dan Jawab). Bandung: Penerbit Alfabeta
Gustina, D. L., & Wijayanto, A. (2015). Analisis rasio keuangan dalam memprediksi perubahan laba. Management Analysis Journal, 4(2).
Kasmir, 2014. Analisis Laporan Keuangan, cetakan ke-7. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Santoso, S. 2012. Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatid dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Suhardi. 2018. PengantarManajemendan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Suhardi., 2018., Pengantar Manajemen dan Aplikasinya, Gava Media,
Sujarweni, V. Wiratna. (2017). Analisis Laporan Keuangan: Teori, Aplikasi, & Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Torang, Syamsir. (2013). Organisasi dan Manajemen. Cetakan Kesatu. Bandung: CV Alfabeta.
Viola De Yusa, (2018), Pengaruh citra merek, harga, dan promosi terhadap keputusan air minum dalam rivero di bandar lampung, Jurnal manajemen, Vol 12, No 1.