ANALISIS KINERJA PEGAWAI FRONTLINER PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO),TBK KC TANJUNG PRIOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai frontliner, upaya peningkatan kinerja pegawai frontliner dan kendala dalam meningkatkan kinerja pegawai frontliner di Bank BRI KC Tanjung Priok. Kinerja pegawai sudah cukup baik, namun kualitas pelayanan tidak penah mencapai titik maksimal dikarenakan pelayanan harus terus berkembang sesuai dengan perkembangan kebutuhan nasabah akan jasa keuangan, bahkan kesalahan masih terjadi dan dilakukan oleh seluruh pegawai yang disebabkan karena kelalaian dalam bekerja. Peningkatan kinerja dan kualitas pelayanan harus dilakukan secara berkelanjutan dan telah beberapa kali melaksanakan program maupun kegiatan untuk meningkatkan kinerja pegawai, baik secara daring maupun tatap muka, baik pendidikan wajib maupun sekedar kegiatan untuk melakukan refresh produk dan pelayanan serta diskusi bersama. Masih terdapat beberapa kendala yang dapat mengurangi efektivitas upaya peningkatan kinerja pegawai, baik dari segi peserta, waktu dan tempat terutama dampak pandemi Covid-19 yang mewajibkan pegawai untuk tidak melakukan perkumpulan (berkerumun), namun Bank BRI KC Tanjung Priok menyadari hal tersebut, sehingga langkah-langkah perbaikan dan alternatif terus upayakan untuk memaksimalkan pelatihan.
References
A.A. Anwar P. M. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Agussaleh, Agusdin, dan Hermanto (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai di Balai Karantina Pertanian Kelas I Mataram. Jurnal Distribusi Vol. 8 (1), p 53-66.
Arianto, N., & Albani, A. F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Samsung Store Mall Bintaro Exchange. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma. Vol. 1 (3), p 1-14.
Azalea N. AS., Warjio dan Agus S. (2016) Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara UPT Medan Selatan. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 6 (2), p 87-96.
Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Cahyo S., dan Adelvia N. (2018) Analisis Kualitas Pelayanan Publik Studi Kepuasan Nasabah Pada PLN-Rayon Soe di Wilayah Kerja Puskesmas Tobu, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Reformasi, Vol. 8, (2), p. 136-142.
Moch. Eko P., Nugroho M. W., dan C. Sri H. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Mitra Manajemen. Vol. 5 (4), p 290-300.
Mufida H. (2019). Pengembangan Pegawai Guna Meningkatkan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, Vol. 10 (1), p 38-63.
Muhammad F. Z. (2022). Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar. Economics Bosowa Journal. Vol. 8, (2), p 388-403.
Muhammad K., dan Siti H. (2014) Analisis Kualitas Pelayanan Pada Bagian Klaim Berdasarkan Tingkat Kepuasan Nasabah di PT. AJC Menggunakan Metode Service Quality. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 2 (2), p. 75-82.
Mulyapradana, Aria., & Lazulfa Indah, Atik. (2018). Tata Kelola Administrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi di PT.BAM Kabupaten Tegal. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Meda Juripol. Vol. 3 (1), p 26-38.
Muzakiyah, Siti H. A. S., dan Ira S. (2011) Analisis Kualitas Pelayanan Pada Bagian Tata Usaha Berdasarkan Tingkat Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 10 (2), p 95-100.
Neny K. S., dan Leonard A. M. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan CV. Kayu Mas Surabaya. Jurnal Trisna Riset. Vol. 2 (2), p 48-56.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cet. 26. Bandung: Alfabeta.
Suryadana, L., dan Octavia, V. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta.
Tiza A. M. dan Lisa S. (2021) Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Dalam Peningkatan Kepuasan Nasabah Studi pada Starbucks Coffee Galaxy Mall. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 4 (4), p. 354-364.
Wahyuni. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan, Sistem Administrasi Perpajakan Modern, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Perpajakan Pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Makassar. Jurnal Akuntansi, Vol. 1 (2), p 01-07.