PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER) DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PT MAYORA INDAH TBK PERIODE 2013-2022

Authors

  • Sindi Septiani Universitas Pamulang
  • Rudi Sanjaya Universitas Pamulang

Abstract

This research aims to examine the effect of Debt to Equity Ratio (DER) and sales growth on company value at PT Mayora Indah Tbk listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the period 2013-2022. The research method and type of data used in this study are quantitative and secondary data, and processed using the SPSS version 23 application. The sample used is data from the profit and loss, balance sheet, notes to the financial statements and stock overview of PT Mayora Indah Tbk for the period 2013-2022. The data analysis method used is the classical assumption test, multiple linear regression test, hypothesis test and coefficient of determination test (R2). The results of this study indicate that DER has an effect on company value as evidenced by a significant value of 0.003 <0.05 and sales growth has no effect on company value, this is evidenced by a significant value of 0.159> 0.05.

 

References

Anwar, M. (2019). Dasar-Dasar Mnajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Kencana.

Astawinentu, E. D., & Handini, S. (2020). Manajemen Keuangan : Teori. Dan Praktek. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Augustyas, Dhika. 2015. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Buku Asnawi, N., & Fanani, M. A. (2017). Pemasaran Syariah. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Dadang Prasetyo Jatmiko. 2017. Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Diandra Kreatif. Yogyakarta.

Damodaran, A. (2016). Unlevered & Levered Beta Industry Emerging Market 2016.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Fahmi, Irham. 2016. Pengantar Manajemen Keuangan. Alfabeta : Bandung.

Ghondang, Hironymus, Hantono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Konsep dan Aplikasi. Bogor: In Media.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Adelyya, R., & Putri, N. E. (2023). Pengaruh Debt to Equity Ratio, Sales Growth Dan Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan. Ikraith-Ekonomika, 6(2), 123-132.

Adria, C., & Susanto, L. (2020). Pengaruh leverage, likuiditas, ukuran perusahaan, dan perputaran total aset terhadap profitabilitas. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(1), 393-400.

Arianti, B. F. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Gorontalo Accounting Journal, 5(1), 1-10.

Christine, D., Wijaya, J., Chandra, K., Pratiwi, M., Lubis, M. S., & Nasution, I. A. (2019). Pengaruh profitabilitas, leverage, total arus kas dan ukuran perusahaan terhadap financial distress pada perusahaan property dan real estate yang terdapat di bursa efek indonesia tahun 2014-2017. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(2), 340-350.

Fajriah, A. L., Idris, A., & Nadhiroh, U. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah manajemen dan bisnis, 7(1), 1-12.

Farhana, C. D., Susila, G. P. A. J., & Suwendra, I. W. (2016). Pengaruh Perputaran Persediaan dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas. Jurnal Jurusan Manajemen, 4(1).

Imawan, R., & Triyonowati, T. (2021). Pengaruh profitabilitas, kebijakan hutang dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan ritel di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 10(1).

Indrarini, S. (2019). Kualitas laba sebagai pemediasi pengaruh good corporate governance dan kebijakan perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang tercatat di bursa efek Indonesia (Doctoral dissertation, Program Pascasarjana Universitas Merdeka Malang).

Indriani, R. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Kepemilikan Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Retail Yang Terdapat Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017) (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).

Khoeriyah, A. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Sales Growth dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan. Profita: Komunikasi Ilmiah dan Perpajakan, 13(1), 96-111.

Manggale, N., & Widyawati, D. (2021). Pengaruh Return On Equity, Leverage, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(1).

Marisha, D., & Agustin, S. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(1).

Maulana, Y., Wijayanti, T., & Arraniri, I. (2023). Pengaruh Struktur Modal, Perputaran Modal Kerja, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 9(2).

Miranda, A. A. S., & Sulasmiyati, S. (2021). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2019) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Ningtyas, K. L., & Nuzula, N. F. (2014). Pengaruh good corporate governance Terhadap Nilai perusahaan (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2010-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 17(1).

Pranada, R. M., & Soekotjo, H. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Minuman. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(4).

Published

2024-10-01

Issue

Section

Articles