PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP SHOPEE KHAGI BABY DI BOGOR

Authors

  • Yayu Sayni Universitas Pamulang
  • Agus Sudarsono Universitas Pamulang

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of Price and Promotion on Purchasing Decisions at Online shop Shopee Khagi Baby in Bogor. The research method used is associative quantitative method. The sampling technique used in this study was 98 respondents. Data analysis techniques with instrument tests, namely validity tests and reliability tests, classical assumption tests, namely normality tests, multicollinearity tests, heteroscedasticity tests, autocorrelation tests, simple linear regression tests, multiple linear regression tests, correlation coefficient tests, determination coefficient tests and hypothesis tests, namely t tests and f tests. The result of this study is that price has a significant effect on purchasing decisions with the hypothesis test obtained tcount > ttable (8.195> 1.985). Promotion has a significant effect on purchasing decisions with the hypothesis test obtained tcount > ttable (5.880> 1.985). Price and Promotion simultaneously have a significant effect on purchasing decisions with the hypothesis test obtained fcount > ftabel (33.290> 3.092). Thus, it can be concluded that price and promotion have a positive and significant effect on purchasing decisions at the Shopee Khagi Baby online shop. The coefficient of determination has an effect or contributes to a simultaneous influence of 0.400 or 40.0%, the remaining 60.0% is influenced by other factors

.

References

Abdullah Thamrin & Tantri Francis.2018. Manajemen Pemasaran. Depok: Raja Grafindo Persada

Abubakar, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Andi, Tjiptono, Ph, D, Gregorius Chandra. (2017) Pemasaran Strategik Edisi 3 Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Costumer Satisfaction, Strategi Kompetitif, Hingga E-Marketing. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Edisi Kelima, Semarang: Badan Penerbit Undip

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, P., & Amstrong. 2018. Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi. R. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Selamba Empat.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sunyoto. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Center Of Academic Publishing Service (Caps)

Terry George R. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen.

Tjiptono, Fandy. 2019. “Pemasaran Jasa Edisi Terbaru.” Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy

Afrilia, H., & Hartuti, E. T. K. (2024). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Roti Kayu Manis Baked Goods Ciputat. Spectrum: Multidisciplinary Journal, 1(1), 33–39. Retrieved From Https://Journals.Sanusantara.Com/Index.Php/Spectrum/Article/View/17

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 4(12).

Arianto, N., & Albani, A. F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terjadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Samsung Store Mall Bintaro Exchange. Jimf (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(3), 1-14.

Dewi, A. S., Inayati, T., & Efendi, M. J. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word Of Mouth, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 202-209.

Fahrevi, S. R., & Satrio, B. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee. Co. Id. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 7(3).

Febriani, E. P., & Sudarwanto, T. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Live Streaming Marketing Di Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 290-303.

Hartuti, E. T. K. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pizza Hut Delivery Gandul Cinere. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2), 333-341.

Japlani, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik Di Kota Metro Lampung. Derivatif: Jurnal Manajemen, 14(2).

Marlius, D., & Putra, M. R. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Padang Pada Pt. Sumber Niaga Interindo (Distributor). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1085-1104.

Nainoe, H. (2022). Pengaruh Harga, Keragaman, Dan Testimoni Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Online Shop Liana Baby (Doctoral Dissertation, Stie Mahardhika Surabaya).

Nazarudin, A., Telagawathi, N. L. W. S., & Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 17-25.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal Of Business And Economics Research (Jbe), 1(1), 1-10.

Rahmadani, R. (2018). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Tokopedia.

Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood Di Kota Solo. Journal Of Management, Business And Education, 8(1), 70-78.

Yasmin, D., & Pratomo, T. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc. Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(2), 1152-1161.

Published

2024-10-01

Issue

Section

Articles