INOVASI BELAJAR KEARSIPAN BIDANG PERKANTORAN DI D3 ADMINISTRASI PERKANTORAN POLITEKNIK MADYATHIKA

Authors

  • Ardian Ridwanca Politeknik Madyathika
  • Muhammad Dede Puja Kusuma Politeknik Madyathika

Abstract

Pada hakekatnya maksud dan tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pembelajaran pengelolaan sistem arsip pada Program Studi D3 Administrasi Perkantoran di Politeknik Madyathika Purbalingga. Fokus utama penelitian pada bagaimana materi, metode, dan media pembelajaran yang digunakan mampu membekali mahasiswa dengan kompetensi praktis dalam mengelola arsip secara manual maupun digital. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran telah mencakup aspek teoritis dan praktis pengelolaan arsip, namun masih terdapat kendala pada keterbatasan sarana pendukung seperti perangkat lunak arsip elektronik. Selain itu, keterlibatan industri dalam proses pembelajaran melalui praktik kerja lapangan dinilai masih perlu ditingkatkan. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya pembaruan kurikulum berbasis kebutuhan industri serta peningkatan fasilitas laboratorium arsip digital untuk mendukung pembelajaran yang lebih aplikatif. Dengan demikian, lulusan diharapkan memiliki kemampuan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja di bidang administrasi perkantoran.

Published

2025-07-14

Issue

Section

##section.default.title##