PENGENALAN INTERNET OF THINGS (IOT) PADA SISWA-SISWI AS-SAKINAH FOUNDATION BAMBU APUS PAMULANG UNTUK MEMANFAATKAN KEMAJUAN TEKNOLOGI DIGITAL

Authors

  • Dede Sunandar Universitas Pamulang
  • Sri Rama Putri Universitas Pamulang
  • Badriah NurSakinah Universitas Pamulang

Abstract

Kemajuan teknologi tidak hanya memudahkan pekerjaan manusia, namun juga bisa mengurangi keterlibatan manusia dalam suatu aktivitas. Dengan kata lain bahwa kecanggihan dari teknologi yang ada saat ini dapat memampukan alat-alat elektronik agar selalu terhubung dengan internet dan akan secara otomatisasi dapat menjalankan perintah sesuai program yang diinginkan user, dimana pendingin ruangan, komputer, printer, lamp dan perlengkapan elektronik lainnya bisa secara otomatis berfungsi sesuai dengan perintah yang diinput sebelumnya atau dengan memanfaatkan basis data yang kemudian  diolah dengan logika Artificial Intellegence sehingga dapat menghasilkan perintah secara otomatis. Pada dasarnya yang perlu diketahui adalah sekolah merupakan lembaga untuk kegiatan belajar mengajar serta tempat untuk menerima dan memberi suatu pelajaran. Sekolah merupakan tempat bagi siswa-siswi menuntut ilmu yang mana dipercaya masyarakat sebagai tempat belajar, melatih kecakapan bahkan proses mendewasakan anak dengan menyerap pendidikan dari sekolah sesuai dengan fungsi dari sekolah sendiri yaitu mengisi otak anak dengan berbagai macam pengetahuan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman siswa-siswa di As-Sakinah Foundation Bambu Apus Pamulang tentang perkembangan teknologi masa kini, maka dibuatlah pelatihan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat tentang Pengenalan Internet Of Thing (IoT). Tekhnologi IoT merupakan tren diera digitalisasi yang dapat memudahkan aktifitas manusia dengan mengintegrasikan beberapa device yang akan dihubungkan dengan jaringan internet. Dengan kata lain bahwa IoT Teknologi telah membantu banyak sekolah dalam memberikan pengalaman belajar terbaik. Dimana lembaga-lembaga pembelajaran yang belum menganut teknologi IoT disegerakan untuk menganut dan beradaptasi dengan tren tekhnologi IoT ini. Dimana peran IoT pada dunia pendidikan yaitu guna memberikan pengalaman belajar yang nyaman. Hal ini juga tak luput dari infrastruktur yang diperlukan agar IoT dapat bekerja secara optimal. Adapun keunggulan dari teknologi IoT yang dapat disektor di dunia pendidikan diantaranya adalah dapat meningkatkan keterlibatan belajar, dapat menyediakan ruang untuk pembelajaran yang dipersonalisasi dan dapat media serta akses yang luar biasa bagi siswa yang berkebutuhan khusus. Tujuan dari pengenalan dan penerapan Internet Of Things itu sendiri selain untuk menambah wawasan tentang Tekhnologi Internet Of Thing dan fungsi dari IoT itu sendiri, harapannya dengan materi yang telah disampaikan oleh tim PKM dapat menambah knowledge bagi siswa-siswi di As-Sakinah Foundation Bambu Apus Pamulang.

References

Adibtya,M.Y.,&Wibawanto,H. (2013), ”Sistem Pengamatan Suhu dan Kelembaban Pada Rumah Berbasis Mikrokontroler ATMega8”. Jurnal Teknik Elektro Vol5.

Junaidi, A. (2015). “Internet Of Thing, Sejarah, Tekhnologi dan Penerapannya”: Review. Jurnal Ilmiah Tekhnologi Informasi Terapan.

Chandra, R.N (2015, Januari). “Karya Tulis Mahasiswa Internet Of Things dan Embaded System Untuk Indonesia”,Universitas Surya.

Cahyono, G. H. (n.d), “Internet Of Thing (Sejarah, Tekhnologi dan Penerapannya)”, Forum Tekhnologi.

Fredy Susanto, Ni Komang. P, Dkk. Implementasi Internet Of Things Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Imagine. Vol. 2 No.1. April 2022.

Ganesa Heru Sandi, Yulia F. Pemanfaatan Teknologi Internet Of Things (Iot) Pada Bidang Pertanian. JATI Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika. Vol.7 No.1. Februari 2023.

Farhan. A, Salma. S. Internet of Things : Sejarah Teknologi dan Penerapannya. Jurnal ISU Teknologi STT Mandala. Vol. 14 No.2 Desember 2019.

Iswahyudhi. U.T, Dkk. Analisa Dukungan Internet of Things (IoT) terhadap Peran Intelejen dalam Pengamanan Daerah Maritim Indonesia Wilayah Timur. JTMI Jurnal Teknologi dan Managemen Informatika. Vol.7 No.1. 2021.

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles