SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI DUOLINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI PANTI ASUHAN ULUL AZMI

Authors

  • Mirza Khazim Nugraha Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Salma Nabila Universitas Pembangunan Nasional Veteran
  • Rizky Ilman Universitas Pembangunan Nasional Veteran
  • Salwa Ghaliyah Hilaly Universitas Pembangunan Nasional Veteran

Keywords:

Education gap, Orphanage, Duolingo app, Learning foreign languages

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam kehidupan, sehingga setiap individu berhak untuk memperolehnya dan didorong untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya, termasuk pendidikan dalam berbahasa asing. Akan tetapi, kesenjangan pendidikan masih menjadi tantangan besar di banyak negara, termasuk Indonesia, terutama bagi anak-anak di panti asuhan yang seringkali kekurangan akses terhadap sumber daya pendidikan yang berkualitas. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini memperkenalkan dan melatih penggunaan aplikasi Duolingo sebagai alat bantu belajar bahasa asing di Panti Asuhan Ulul Azmi. Dengan melibatkan 18 peserta dari tingkat dasar hingga sekolah menengah, pelatihan mencakup pretest, pemaparan materi berbagai fitur Duolingo, sesi praktek langsung, dan post test. Dari kegiatan yang dilakukan, menghasilkan peningkatan signifikan dalam pemahaman bahasa asing peserta, dengan skor rata-rata post test sekitar 92 dibandingkan skor pretest sekitar 63, serta tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pelatihan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi aplikasi pembelajaran berbasis teknologi seperti Duolingo dapat meningkatkan hasil pendidikan secara efektif dan membekali anak-anak panti asuhan dengan keterampilan penting untuk masa depan yang lebih cerah.

 

References

Suryani, N. Y., Rifaat, A. A., & Fitri, A. (2022). Belajar Bahasa Inggris Mandiri Menggunakan Aplikasi Duolingo Bagi Anak-Anak Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3).

Sandoval, C. (2019). Motivation and language learning in the Duolingo community. Journal of New Approaches in Educational Research, 8(2), 134-141.

Ajisoko, P. (2020). The use of Duolingo apps to improve English vocabulary learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (DET), 15(7), 149-155.

Nasution, P., Lumbangaol, R. R., Saragih, M., Aritonang, L., & Silaen, N. G. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Duo Lingo Dalam Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Pada Kelompok Anak Usia 12-15 Tahun Di Daerah Wisata Bukit Lawang. JURNAL WIDYA, 1(2), 22-28.

Redjeki, I. S., & Muhajir, R. (2020). DUOLINGO For Grammar Learning. Prosiding Lppm Uika Bogor.

Jacob, W. James and Donald B. Holsinger. 2009. “Inequality in Education: A Critical Analysis”,

Nihayati, A. M., & Zaimah, N. R. (2023) A Relevance of Learning a Foreign Language for an Early Age | Relevansi Pembelajaran Bahasa Asing untuk Anak Usia Dini, 3(1).

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.

Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern. Prosiding Samasta.

Rahmatullah, R., Ruchliyadi, D. A., & Sufyadi, S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Bahasa Inggris. J-INSTECH, 5(1), 128-136.

Rosyidah, U. J., Laksmi, E. D., & Anugerahwati, M. (2023). Gamification in Duolingo App on Improving English Listening Proficiency of Junior High School Students. ENGLISH FRANCA: Academic Journal of English Language and Education, 7(1 May), 119-132.

Syarifah, E. F., Eka Nurhidayat, & Afief Fakhruddin. (2023). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi DUOLINGO untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Mandiri bagi Anggota Karang Taruna Desa Candrajaya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.4(No 3), 2102-2109.

Published

2024-06-14

Issue

Section

Articles