PELATIHAN MEMBUAT MODEL 3D SEDERHANA MENGGUNAKAN BLENDER DI SMK YAPIA PARUNG
Abstract
Di era globalisasi dimana teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) sangat cepat berkembang maka dunia pendidikan mengalami perubahan dalam pengelolaannya sebagai dampak dari tuntutan memanfaatkan teknologi. Pelaksanaan pembelajaran tidak hanya berbasis offline/luar jaringan saja, namun dengan dukungan teknologi pembelajaran dapat dilakukan secara online/dalam jaringan internet. Perubahan dalam pembelajaran dan tuntutan melakukan inovasi menjadi hal penting yang harus dilakukan (Amin, 2017). Animasi merupakan salah satu produk dari Desain Komunikasi Visual yang sekarang dapat dinikmati oleh seluruh audiens, karena Indonesia sudah memproduksi beberapa film animasi. Program Blender merupakan salah satu progam yang dibutuhkan oleh para pecinta animasi tiga dimensi. Program Blender digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Objek tiga dimensi dapat dibuat di Blender dan dapat diaplikasikan ke animasi maupun multimedia. Program Blender dapat diunduh secara gratis di http://www.blender.org. Para animator dapat dibentuk sejak dini untuk menumbuhkan calon industri kreatif di bidang animasi tiga dimensi. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan calon animator adalah dilakukan pelatihan Blender di sekolah, yaitu SMK Yapia Parung. SMK Yapia Parung adalah sekolah yang mempunyai beberapa jurusan di antaranya adalah Multi Media. SMK Yapia Parung mempunyai fasilitas komputer lengkap dengan daya kerja tinggi yang memang ditujukan untuk multimedia SMK Yapia Parung sangat tepat untuk melakukan pelatihan P2M khususnya animasi tiga dimensi. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kita sebagai tim pelaksana P2M ingin memberikan pelatihan khususnya kepada siswa di SMK Yapia Parung untuk membuat objek tiga dimensi menggunakan Blender tingkat pemula.
References
I. A. E. B. Rais, "Peningkatan Ketrampilan Multimedia Coreldraw," Jurnal Abdimas Phb, Vol. 1(1), Pp. 55-61, 2018.
N. S. Gusti Made Budiarta, "Pemanfaatan Aplikasi Coreldraw Sebagai Media Pembelajaran Pada Kuliah Desain Komunikasi Visual Prodi Pendidikan Seni Rupa Undiksha," Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, Vol. 12(2), Pp. 115-128, 2022.
F. A. W. Meyta Pritandhari, "Pelatihan Desain Grafis Coreldraw Meningkatkan Kreativitas Karang Taruna Pemuda Mandiri Kelurahan Rejomulyo," Sinar Sang Surya (Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat), Vol. 5 No 1, Pp. 33-41, 2021.
M. D. S. Lubis, "Analisis Desain Grafis Menggunakan Teknologi Komputer Berbasis Software Coreldraw," Jurnal Teknik Informatika Kaputama (Jtik), Vol. 4, Pp. 89-99, 2020.
H. A. F. Kresno Murti Mulyono, "Pembuatan Game Labirin Dengan Menggunakan Blender 3d," Jurnal Dasi, No. 1411-3201, 2012.
B. N. S. B. S. Taronisokhi Zebua, "Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3d Dalam Pembuatan Animasi 3d," Jurnal Abdimas Budi Darma, Vol. 1, No. 2745-5319, Pp. 18-21, 2020.
I. P. S. Mifta Fadya, "Modelling 3d Dan Animating Karakter Pada Game Edukasi "World War D" Berbasis Android," Jurnal Multinetics, Vol. 4, 2018.
Habibati, "Pengembangan Media Buletin Menggunakan Coreldraw X7," Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 07 No 1, Pp. 23-33, 2019.
R. Yanto, "Pelatihan Aplikasi Coreldraw Dalam Peningkatan Hardskill Siswa Mengadapi Dunia Kerja," Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3No 1, Pp. 129-134, 2022.
[Umar, "Penerapan Pembuatan Desain Logo Dengan Corel," Jurnal Abdimas Stmik Dharmapala, Vol. 2 No 1, Pp. 14-21, 2022