SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN MANFAAT NIB BAGI PELAKU UMKM DI PEKON PRINGSEWU SELATAN KAB. PRINGSEWU
Abstract
Sosialisasi dan Pendampingan sebenarnya merupakan bidang yang mencakup pemeriksaan mengenai lingkungan kultural sosial dari sebuah masyarakat. Sosialisasi membahas interaksi sosial dan tingkah laku sosial. Atas dasar tersebut, sosialisasi adalah bagian mata rantai terpenting di antara sistem sosial yang ada. Memang tidak semua orang berkeinginan untuk segera mengurus izin saat membuka usahanya. Hal ini bisa dikarenakan beberapa alasan, seperti usaha dirasa belum cukup besar atau takut ditagih pihak pajak. Padahal, memiliki izin usaha memberikan lebih banyak manfaat. Dalam rangka mengupayakan percepatan serta kemudahan perizinan usaha bagi dunia usaha khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IUMK) pemerintah Indonesia dalam hal ini melakukan terobosan dengan meluncurkan skema perizinan usaha terintegrasi secara online atau Online Single Submission (OSS). Akun tersebut digunakan untuk melakukan pendaftaran dengan cara mengisi data pelaku usaha. Setelah data terisi lengkap maka pelaku usaha akan mendapatkan output berupa Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) berupa pdf file. Metode penelitian meliputi Survey terlebih dahulu dan pada saat sosialisasi, banyak pelaku usaha sangat antusias menyimak penjelasan mengenai pentingnya OSS ini, beberapa pelaku usaha mulai memberikan pertanyaan sehingga terjadinya diskusi yang aktif. Kedua, Memberikan Fasilitas untuk Para Pelaku Bisnis, Dengan adanya OSS, semua pemangku kepentingan atau stakeholder, bisa mendapatkan fasilitas untuk usaha mereka. Tujuannya supaya pelaku usaha bisa mendapatkan izin secara cepat, aman dan juga real-time. OSS juga dapat diandalkan karena bisa memfasilitasi para pelaku usaha untuk memecahkan berbagai masalah perizinan dan melaporkannya. Pemilik usaha juga diberikan kebebasan untuk menyimpan data perizinan.
References
D. R. Irawati, A. Hakim, And K. Rokoyah, “Sistem Aplikasi Pengenalan Sejarah Dan Kebudayaan Cirebon Berbasis Web,” J. Artif. …, Vol. 3, No. 2, Pp. 152–156, 2022, [Online]. Available:
Http://Openjournal.IBN.Ac.Id/Index.Ph p/Joaiia/Article/View/20275%0ahttp://Ope njournal.IBN.Ac.Id/Index.Php/Joaiia/Ar ticle/Viewfile/20275/10374.
D. R. Irawati, A. Hakim, And K. Rokoyah, “Sistem Aplikasi Pengenalan Sejarah Dan Kebudayaan Cirebon Berbasis Web,” J. Artif. …, Vol. 3, No. 2, Pp. 152–156, 2022, [Online]. Available:
Http://Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Ph p/Joaiia/Article/View/20275%0ahttp://Ope njournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Joaiia/Ar ticle/Viewfile/20275/10374.
T. D. . Niki Ratama, Aries Saifudin, Munawaroh, Yulianti, “Kommas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Table OfContents,” Kommas J. Pengabdi. Kpd. Masy., Vol. 1, No. 1, Pp. 87–92, 2020.
W. A. Wiwi And M. Syahlanisyiam, “Sosialisasi Penggunaan Internet Yang Sehat Bagi Anak-Anak Di Yayasan Domyadhu,” Abdi J. Publ., Vol. 1, No. 1, Pp. 13–17, 2022.
Mohammad Yazdi, “E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi,” J. Ilmua Foristek, Vol. 2 (1), No. 1, Pp. 143–152, 2012.
Prawiro, “Pengertian Sosialisasi: Arti, Tujuan, Fungsi, Media, dan Contoh Sosialisasi,” 2020. [Online]. Available:https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-sosialisasi.html.
A. dpmptsp, “3 Alasan Penting Kenapa Pengusaha Wajib Punya NIB,” 2019. [Online].