EDUKASI PENGGUNAAN INTERNET YANG SEHAT DAN AMAN KEPADA SISWA KELAS 4 DI SDS IT YASIFA
Keywords:
Internet, etika berinternet, sds it yasifa, Teknik Informatika, Universitas PamulangAbstract
Kecanduan internet menjadi sebuah masalah yang serius di era kemajuan digital saat ini, terutama bagi siswa SDS IT Yasifa, Tangerang. Walaupun internet memiliki banyak dampak positif namun tidak luput juga dari dampak negatif yang ditimbulkan. Kurangnya pengawasan dari orang tua dan kurangnya pengetahuan tentang etika dalam berinternet menjadikan lingkungan internet yang tidak sehat dan berdampak panjang terutama bagi anak-anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, etika berinternet, dan kemampuan siswa dalam mengantisipasi konten tidak pantas. Metode yang digunakan meliputi pendidikan masyarakat, difusi ipteks, pelatihan, mediasi, dan advokasi. Hasil pengetahuan siswa meningkat dari 40% menjadi 70%, etika berinternet dari 50% menjadi 80%, dan kemampuan siswa dalam mengantisipasi konten tidak pantas dari 55% menjadi 85%. Hasil ini menunjukkan bahwa edukasi efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang internet sehat. Oleh karena itu, kegiatan edukasi penggunaan internet yang sehat dan aman sangat penting dan perlu dilakukan secara berkelanjutan.
References
Hidayanto, F., & Ilmi, M. Z. (2015). Pentingnya Internet Sehat. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(1), 21–24
Setiawan, A. B. (2012). Penanggulangan Dampak Negatif Akses Internet Di Pondok Pesantren Melalui Program Internet Sehat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 15(1), 93–108. Https: //Doi.Org/10.20422/Jpk.V15i1.706
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, & Teknopreneur Indonesia. (2023). Infografis Penetrasi Dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2023.
Kementerian Kominfo. (2013). Internet Sehat Dan Aman (Insan)L. 3 Juli 2019. Https: //Kominfo.Go.Id/Index.Php/Content/Detail/3303/Internet-Sehat-Dan-Aman-- Insan-/0/Internet_Sehat
Guntoro, Lisnawita, L., & Sadar, M. (2019). Pelatihan Internet Sehat Dan Aman Bagi Siswa Smk Masmur Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 223 230. Https: //Doi.Org/10.30653/002.201942.105
Montanesa, D., & Karneli, Y. (2021). Pemahaman Remaja Tentang Internet Sehat Di Era Globalisasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1059–1066. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i3.509
Winarso, D., Syahril, S., Aryanto, A., Arribe, E., & Diansyah, R. (2017). Pemanfaatan Internet Sehat Menuju Kehidupan Berkemajuan.Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 1(1), 19–23. Https: //Doi.Org/10.37859/Jpumri.V1i1.29
Nuryani, E., Hendra, Y., & Ruhiawati, I. Y. (2021). Penyuluhan Dan Pelatihan Internet Sehat Untuk Anak Usia Sekolah Menengah Pertama (Smp) Pada Kelurahan Cipare Kecamatan Serang Kota Serang. Abdikarya: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 75–85. Https: //Doi.Org/10.47080/Abdikarya.V3i1.1262
Ariyanti, S. W., & Syahrani, D. (2023). Sosialisasi Internet Positif Untuk Anak Usia Sekolah Dasar Di Sd Negeri 2 Ngemplak. 5(1).
Henriette, S. C., & Windiani, R. (2018). Pemberdayaan Literasi Media Dan Informasi (Lmi) Unesco Sebagai Sarana Pencegahan Penyebaran Hoaks. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 16(1), Article 1.
Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh Dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet Serta Media Sosial Pada Siswa Smpn 52 Surabaya. Journal Of Information Systems Engineering And Business Intelligence, 2(1), 17. Https://Doi.Org/10.20473/Jisebi.2.1.17-22