ALAT PERAGA MATEMATIKA SEBAGAI PENDUKUNG PROSES KBM GURU DAN SISWA DI SMP AL ISLAM CIMANGGIS DEPOK JAWA BARAT
Abstract
Numerasi adalah kemampuan untuk menerapkan konsep bilangan dan keterampilan berhitung dalam kehidupan sehari-hari dan menginterpretasikan informasi kuantitatif yang ada di sekitar kita. Kemampuan ini dibuktikan dengan adanya rasa nyaman terhadap bilangan dan kepandaian dalam mengaplikasikan keterampilan matematika. Kemampuan numerasi penting untuk dimiliki semua orang, terutama bagi generasi masa kini. Memiliki kemampuan numerasi mendorong mereka untuk terampil menerapkan pengetahuan matematika dalam kehidupan sehari-hari dan ditujukan bagi kepentingan orang banyak. Literasi numerasi juga dianggap sebagai kecakapan hidup sehingga membantu seseorang dalam memecahkan permasalah sehari-hari, baik itu di sekolah, pekerjaan, rumah, dan lingkungan sosial. Penguatan literasi numerasi peserta didik di sekolah dasar dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan berjenjang mulai dari tingkat pemerintah daerah, satuan pendidikan dan kelas. Literasi Numerasi juga dapat dipelajari melalui pembiasaan, terintegrasi dalam pembelajaran hingga pengembangan pada ekstrakurikuler. Cakupan literasi numerasi sangat luas, tidak hanya dalam pelajaran matematika, tetapi juga berkaitan dengan literasi lainnya, misalnya kebudayaan atau kewarganegaraan. Adapun komponen literasi numerasi dalam cakupan Matematika, yaitu: bilangan, operasi dan penghitungan, geometri dan pengukuran, pengolahan data, interpretasi statistik, penalaran spasial, dan pola. Dari hasil observasi yang telah kami laksanakan yaitu perlu di giatkan kembali mengenai gerakan literasi numerasi dalam pembelajaran matematika khususnya Penguatan numerasi dapat dilakukan guru dengan menekankan penalaran matematika dan proses pemecahan masalah matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari melalui penggunaan alat peraga.
References
N. Nasaruddin, “Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika,” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 3, no. 2, pp. 21–30, 2015.
A. Arifuddin, S. Maufur, and F. Farida, “Pengaruh penerapan alat peraga puzzle dengan menggunakan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD/MI,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 10–17, 2018.
S. H. Khotimah and R. Risan, “Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang,” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 48–55, 2019.
W. Han et al., “Materi pendukung literasi numerasi.” Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2017.
K. Qasim, “Awaludin.(2015). Deskripsi kemampuan literasi matematika siswa SMP negeri di kabupaten buton utara,” Jurnal penelitian pendidikan matematika, vol. 3, no. 3, pp. 97–110.