PELATIHAN MEDIA PRESENTASI INTERAKTIF DENGAN MENGOPTIMALKAN GOOGLE SLIDE PADA PESANTREN NAFIDATUNNAJAH
Abstract
Google slide merupakan sebuah aplikasi lembar kerja presentasi yang dibuat dan distribusikan oleh perusahaan teknologi google melalui office google suite untuk melakukan presentasi online tanpa melakukan instalasi sambil melakukan kolaborasi bersama tim/ pengguna lain secara real-time. Pengguna juga dimungkinkan untuk melihat riwayat revisi dalam setiap penambahan, editing, hingga pengurangan Slides yang telah dibuat. Pengguna juga dapat menambahkan akses terhadap pengguna lain untuk melakukan perubahan/ tindakan sesuai kebutuhan presentasi. Untuk dukungan platform, Google Slides dapat di akses dari beragam browser populer saat ini seperti Internet Explorer, Microsoft Edge, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Apple Safari. Pengguna dapat mengakses Google Slides melalui halaman Google Slide atau Google Drive. Google Slides juga mendukung format dokumen dari Microsoft PowerPoint sehingga pengguna tidak perlu kesulitan ketika berpindah platform satu dengan platform lainnya Hal tersebut tentunya menjadi kemudahan dalam pesatnya perkembangan teknologi yang memudahkan kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan Di era pandemic saat ini keterampilan untuk pengelolaan media pembelajaran sangat diperlukan didalam pembelajaran daring agar mempermudah pihak guru dan siswa berinteraksi dan melakukan kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif. Pelatihan pengelolaan media pembelajaran dengan google slides adalah serangkaian kegiatan yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan skill dasar dan meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan google slides.
References
R. Abdullah, “Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar,” J. Ilm. Didakt. Media Ilm. Pendidik. Dan Pengajaran, Vol. 12, No. 2, 2012.
N. A. Ilmy, “Pengaruh Pembelajaran Direct Instruction Dengan Suplemen Rumah Belajar (Situs E-Learning Kemdikbud) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Saraf …,” 2014,
S. Bibi, T. Suryanto, L. Siswato, And T. B. Atmojo, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Kalimantan Barat,” Vol. 7, No. 1, Pp. 416–425, 2023.
S. N. E. D. Putri, H. Ansori, And E. Kusumawati, “Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Teori Peluang Di Program Studi Pendidikan Matematika.,” Pp. 89–95, 2020, [
S. Salasatunisa And G. M. Jamaludin, “Pengaruh Penggunaan E-Learning Madrasah Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa,” Vol. X, No. X, Pp. 1–7, 2023.
Y. Soepriyanto, “Jktp : Jurnal Kajian Dan Teknologi Pendidikan,” J. Kaji. Dan Teknol. Pendidik., Vol. 3, Pp. 227-349 Terbit, 2020.