PENGENALAN APLIKASI CHATBOT BERBASIS TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE MENGGUNAKAN APLIKASI CHATGPT PADA MAN 1 KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Wiwin Winarti Universitas Pamulang
  • Edi Maryanto Universitas Pamulang
  • Dede Handayani Universitas Pamulang

Abstract

Chatbot  atau  chatterbot merupakan sebuah layanan obrolan robot atau tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI yang menirukan percakapan manusia melalui pesan suara, obrolan teks ataupun keduanya. Aplikasi ChatGPT dapat mencakup kebutuhan di dunia pendidikan saat ini terutama dalam mencari solusi ataupun mencari solusi terbaik dalam memecahkan sebuah permasalahan, namun banyak dari siswa siswi yang kurang mengerti teknologi-teknologi apa saja yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan belajar serta manfaat dengan menggunakan teknologi tersebut didalam dunia pendidikan saat ini. Target utama dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah siswa-siswi MAN 1 Kota Tangerang Selatan, para siswa siswi perlu mengetahui tentang teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan serta pemanfaatan teknologi yang ada salah satunya adalah pemanfaatan teknologi chatbot yang berbasis teknologi Artificial Intelligence menggunakan Aplikasi ChatGPT untuk dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dari Program Studi Teknik Informatika untuk membagikan ilmu pengetahuan tentang berbagai pelatihan pembuatan serta pemanfaatan chatbot yang berbasis teknologi Artificial Intelligence yaitu menggunakan Aplikasi ChatGPT. Dengan adanya kegiatan PKM ini diharapkan para siswa dapat mengetahui tentang teknologi chatbot berbasis teknologi Artificial Intelligence menggunakan Aplikasi ChatGPT dan dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran disekolah.

 

References

M. Husaini, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Audit Investigatif,” Audit. A J. Pract. Theory, Vol. 2, No. 2, Pp. 141–147, 2014.

D. Handayani, E. Maryanto, And B. H. Purnomo, “Sosialisasi Penggunaan Google Form Pada Madrasah Tsanawiyah ( Mts ) Mathlaul Anwar Pamulang,” Vol. 1, No. 3, Pp. 366–370, 2023.

I. P. G. A. Sudiatmika, “E-Learning Berbasis Telegram Bot,” Kernel J. Ris. Inov. Bid. Inform. Dan Pendidik. Inform., Vol. 1, No. 2, Pp. 49–60, 2021, Doi: 10.31284/J.Kernel.2020.V1i2.1469.

R. Parina, A. Wijaya, And Y. Apridiansyah, “Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Sd N 17 Kota Bengkulu Berbasis Android,” J. Media Infotama, Vol. 18, No. 1, P. 121, 2022.

A. Hendrawan, R. Adawiyah, M. S. Effendi, And M. K. Arifin, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran,” J. Impact Implement. Action, Vol. 2, No. 1, Pp. 52–57, 2019.

D. F. Murad, D. F. Basukiputra, M. H. Wijaya, And M. I. Fauzi, “Sistem Pendukung Media Pembelajaran Menggunakan Chatbot Dan Line Pada Pkbm Berdaya Indonesia,” Ultim. Infosys J. Ilmu Sist. Inf., Vol. 10, No. 2, Pp. 82–92, 2020, Doi: 10.31937/Si.V10i2.1165.

L. P. Instan, Buku Mengembangkan Sistem Percakapan Otomatis Berbasis Layanan Pesan Instan, No. December 2022. 2023.

A. Fauziah, Endang M. Kurnianti, And Otib Satibi Hidayat, “Pengembangan Media Pembelajaran Website Chatbot Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Penyajian Data Untuk Kelas Iv Sekolah Dasar,” Efektor, Vol. 9, No. 1, Pp. 23–34, 2022, Doi: 10.29407/E.V9i1.16348.

Published

2023-08-08

Issue

Section

Articles