SOSIALISASI PENGENALAN SOFTWARE DAN HARDWARE KOMPUTER GUNA MENINGKATKAN WAWASAN TEKNOLOGI KEPADA SISWA/I SMP DARUL ULUM BOJONGSARI, DEPOK - JAWA BARAT

Authors

  • Abdul Latif Universitas Pamulang
  • Adithya Indra Saputra Universitas Pamulang
  • Aria Darmawan Universitas Pamulang
  • Ashil Ramadhan Universitas Pamulang
  • Fahrezky Fatihi Universitas Pamulang
  • Galih Rahmadani universitas pamulang
  • George Otniel Universitas Pamulang
  • Miftahul Ulum Universitas Pamulang
  • M. Rafli Nur Saputra Universitas Pamulang
  • Nanang Universitas Pamulang

Keywords:

pengenalan komputer, minat siswa, SMP Darul ulum

Abstract

         Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menambah dan juga peningkatan pengetahuan siswa/i tentang komputer dalam upaya meningkatkan minat yang dimiliki siswa/i. Kegiatan ini dilakukan di SMP Darul Ulum Bojongsari, Kota Depok Jawa Barat. Permasalahan yang dirasakan perlu untuk diselesaikan adalah beberapa siswa/i belum terlalu mengenal lebih dalam tentang komputer, karena mereka belum memahami dalam menggunakan komputer dalam proses belajar. Metode yang akan digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah diskusi dan melalui tanya jawab beserta kuis berhadiah agar siswa/i lebih semangat dalam proses pembelajaran materi tentang komputer ini. Diskusi yang disampaikan adalah teori tentang pengenalan dasar komputer. Pelatihan dilakukan secara bersama-sama kepada siswa/i. Melalui pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan banyak manfaat bagi siswa/i di SMP Darul Ulum Bojongsari dalam meningkatkan pengetahuan dan minatnya. Selanjutnya siswa/i ini juga diharapkan menggunakan komputer dan berbagai macam aplikasi untuk memaksimalkan fitur-fitur yang terdapat didalamnya. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu melalui pengenalan komputer membuka pandangan siswa/i mengenai penting nya pembelajaran dibidang komputer yang dapat membantu dan mempermudah penyelesaian masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

References

Nathaufa, A, Febrianto, B, Putra, B, Fahmi, D, N, Sarjono, F, J, Eriyanto, F, Nurdin, I, Wijaya, K, Sariadi, S, Subarno & Suryaningrat, "Pengenalan Dasar-Dasar Komputer Di Yayasan Setiabudi Panti Asuhan Amanah Pamulang Tangerang Selatan," Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, Vol. 2, No. 3, Pp. 442-444, 2021.

Ansori, Z & Yulmaini, F, "Pelatihan Pengenalan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak Komputer Untuk Siswa-Siswi SDN 1 Desa Batu Tegi Kecamatan Air Naningan", Publika Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No. 1, Pp. 5563, 2019.

Pangestu Putri, "Pembelajaran Pengenalan Komputer Di Taman Kanakkanak Islam Al Azhar 21 Pontianak Tenggara", Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 6, No. 8, Pp. 61-69, 2017.

Hidayati, T., Kurniawan, W., Ikasari, I. H., Handayani, I., & Noviana, W., " Pengenalan Etnomatematika Dalam Kajian Nusantara", KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2(2), Pp. 74-80, 2021.

A. Yoshiya, A. S. Hidayat. "Animasi Interaktif Pengenalan Hardware Komputer Dengan Metode Demonstrasi Berbasis Tiga Dimensi," Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, System Embedded & Logic, Vol. 1 No. 2, Pp. 45- 60, 2014.

Ivang Pangestu, Jacky Jacky, Ahmad Dodi, Akrom Alhafid, Alvian Darmawan, Alif Nur Wahyudi, Dede Agung Faturohman, Marcel Marcel, Putra Dimas Alamsyah, Yogi Ramadhani, Dan Achmad Lutfi Fuadi, "Pengenalan Microsoft Office Word Kepada Murid Mts Al - Hidayah Bogor," Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, Vol 3, No 02, Pp. 363 - 365, 2022.

Zainal Ansori Dan Yulmaini, "Pelatihan Pengenalan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak Komputer Untuk Siswa-Siswi Sdn 1 Desa Batu Tegi Kecamatan Air Naningan," Publika Pengabdian Masyarakat, Vol 1 . No. 1, Pp. 55 - 63, Februari 2019.

Jaja Jamaludin, Gingin Ginanjar, Euis Teti Halimah, Dan Deden Sudrajat, "Penggunaan Software Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Literatur," Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 7 No. 1, Pp. 96 - 105, 1 Januari 2021.

Boldson Herdianto Situmorang Dan Aries Maesya, "Memahami Hardware Komputer Melalui Buku Pintar Digital Berbasis Multimedia," Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Dan Matematika, KOMPUTASI, Vol 15, No. 1, Pp. 95 − 101, 2018.

Muhammad Rivaldy Hisham, Jumiliono Pratama, Luky Andito, Andy Kho, Dan Hendry Wijaya, "Analisa Klasifikasi Genre Game PC Terpopuler," Journal Of Information System, Graphics, Hospitality And Technology, Vol. 4 No. 01, Pp. 27 - 31, Maret 2022.

Fesa Asy Syifa Nurul Haq Dan Kurniati Asmar, "Pelatihan Penggunaan Microsoft Word Dalam Membuat Media Pembelajaran," JMS: Jurnal Masyarakat Siber, Vol 1, No. 1, Pp. 27 – 32 , Februari 2022.

Afifah Zulfa Destiyanti Dan Heru Prasetyo, "Pembelajaran Integratif Microsoft Paint Dalam Mata Pelajaran TIK Di MI Al-Huda Karangnongko Yogyakarta," Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, Vol 3 No 3, Pp. 200 - 208, Juli 2019.

Nency Extise Putri, Sovandi Marwan, Dan Toni Hariyono, "Aplikasi Berbasis Multimedia Untuk Pembelajaran Hardware Komputer," Jurnal Edik Informatika, Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, V1.I2, Pp. 70 - 81, April 2022.

Nurul Ahadia, M. Zulmuhibban, Cahayatul Aulia, Nindi Claudia, Nisratul Apriyani, Ririn Widiawati, Widya Anggreni, Yuyun Ningsiati, Dan I Gde Mertha, "Pengenalan Dan Pengaplikasian Microsoft Word Dan Microsoft Power Point Di SMA Negeri 1 Praya Tengah," Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, Vol 4 No 1, Pp. 127 - 130, 2021.

Tati Hayati, Mimik Kurniawati, Dan Ramdhan Witarsa, "Meningkatkan Kemampuan Kecerdasan Visual Melalui Aplikasi Paint Di RA Al Muhajirin Kota Cimahi," Jurnal Obsesi, Vol 2 No 1, Pp. 109 – 116, 2018.

Published

2022-12-10

Issue

Section

Articles