PENGENALAN E – COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MASYRAKAT DI DESA CIBINONG GUNUNG SINDUR
Abstract
Electronic-Commerce(e-commerce) atau perdagangan elektronik adalah cara untuk menjual dan membeli barang dan jasa lewat jaringan internet. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (database), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini. Dan dalam dunia bisnis, peluang e - commerce masih sangat luas, mengingat pangsa pasar yang tersedia (terutama di Indonesia) masih terbuka lebar. UMKM merupakan salah satu usaha Mikoro yang memberdayakan Industri Rumahan. UMKM Indonesia meemiliki kontribusi sebersar 15.8% terhadap rantai pasok produksi global di tingkat Asean. Perkembangan UMKM dari tahun ke tahun dipengaruhi dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi. E-commerce merupakan salah satu teknologi yang mendukung perkembangan UMKM dan perdagangan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang pemanfaatan Teknologi E-Commerce dalam peningkatan strategi pemasaran produksi. Teknologi E-commerce dibangun dengan mengunakan aplikasi berbasis webside, sehingga para pelaku usaha dapat mempromosikan hasil usaha dengan mudah. Sasaran utama pemanfaatan Teknologi E-commerce ini adalah untuk masyarakat di Desa Cibinong. Dari hasil uji coba dan evaluasi yang dilakukan pada masyarakat desa cibinong, menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan Teknologi E-commerce memenuhi strategi pemasaran produk yang dapat berdampak pada peningkatan pendapatan.
References
Jauhari, Jaidan. 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi (Jsi) Vol. 2, No. 1. Palembang : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya Kotler, Philip Dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1.Jakarta : Penerbit Erlangga.
Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Prihatna, Henky. 2005. Kiat Praktis Menjadi Web Master Professional. Jakarta. : Pt. Elexmedia Computer.
Sastika, Widya. 2018. Analisis Kualitas Layanan Dengan Menggunakan E-Service Quality Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shopee (Studi Kasus : Pelanggan Shopee Di Kota Bandung). Jurnal Ikraith-Humaniora. Jakarta Pusat : Universitas Persada Indonesia Yai.
Suyanto, M. 2003. Strategi Periklanan Pada R[1]Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi Offset