PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE MODEL) PADA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI JAKARTA TIMUR
Abstract
Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle Model) pada siswa sekolah menengah merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, keterlibatan siswa, pembelajaran berkelanjutan, dan keterampilan kolaborasi. Model Siklus Belajar melibatkan serangkaian tahap yang dirancang secara sistematis untuk memfasilitasi proses pembelajaran yang efektif dan mendalam. Tahap-tahap Model Siklus Belajar meliputi pengamatan, pertanyaan, eksperimen, analisis, sintesis, dan refleksi. Siswa didorong untuk secara aktif terlibat dalam kegiatan eksplorasi, pengumpulan data, analisis informasi, dan membuat kesimpulan berdasarkan temuan mereka sendiri. Proses ini membantu siswa dalam memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep pembelajaran dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Selain itu, Model Siklus Belajar mendorong pembelajaran berkelanjutan melalui tahap refleksi dan evaluasi. Siswa didorong untuk merefleksikan proses pembelajaran mereka, mengidentifikasi kesalahan atau kekurangan, dan merencanakan langkah-langkah untuk meningkatkan pemahaman mereka di masa depan. Hal ini membantu siswa mengembangkan kemampuan untuk terus belajar dan memperbaiki pemahaman mereka. Dalam kesimpulannya, penerapan Model Siklus Belajar pada siswa sekolah menengah atas memberikan manfaat dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan berpikir kritis, keterlibatan siswa, pembelajaran berkelanjutan, dan keterampilan kolaborasi. Namun, penting untuk menyesuaikan model ini dengan kebutuhan siswa dan memberikan dukungan yang tepat dari guru untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembelajaran.
References
A. Rukmana And S. Alimah, “Students Worksheet Based On 7e Learning Cycle: Strategies To Improve Activities And Understanding The Concept Of Excretion System In Ma,” Journal Of Biology Education, Vol. 8, No. 2, Pp. 226–237, 2019.
I. H. Saragih, F. Harahap, And T. Gultom, “The Effect Of Group Investigation And Learning Cycle Models Towards Students Science Process Skill On Environmental Pollution Topics For Grade Vii Students Mts Nurul Huda Medan Academic Year 2016/2017,” In 3rd Annual International Seminar On Transformative Education And Educational Leadership (Aisteel 2018), Atlantis Press, 2018, Pp. 48–52.
- Effendi And - Sanjaya, “Developing Instructional Materials On Acid-Base Solutions Based On 7e Learning Cycle Model At Sma 1 Muhammadiyah Palembang,” In Proceedings Of The First Indonesian Communication Forum Of Teacher Training And Education Faculty Leaders International Conference On Education 2017 (Ice 2017), Paris, France: Atlantis Press, 2018. Doi: 10.2991/Ice-17.2018.61.
N. N. W. D. Putri, I. W. P. Astawa, And I. M. Ardana, “Improving Students’ Conceptual Understanding Through Geogebra-Assisted ‘5e’ Learning Cycle: Is It Effective?,” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 54, No. 1, Pp. 170–180, 2021.
R. P. Sartika, E. Enawaty, And I. Lestari, “The Development Of Scaffolding Aided Learning Tools Using 5e Learning Cycle Model,” Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), Vol. 9, No. 3, Pp. 423–435, 2020.
P. P. A. O. Tua, G. S. P. B. M. Permulaan, L. P. Lestari, And F. P. Rahmawati, “Jurnal Basicedu,” Jurnal Basicedu Vol, Vol. 6, No. 1, 2022.