SOSIALISASI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SDN PARUNG 03

Authors

  • Dhela Widiastuti Universitas Pamulang
  • Diana Damayanti Universitas Pamulang
  • Grace Juliano Valmida Universitas Pamulang
  • Karunia Putri Hutami Universitas Pamulang
  • Muhamad Trio Fauzi Universitas Pamulang
  • Okta syauqia Universitas Pamulang
  • Putri Eka Pertiwi Universitas Pamulang
  • Raihana Fachira Dwi Sulistyanty Universitas Pamulang
  • Stevanus Ardian Universitas Pamulang
  • Supi Ilminur Universitas Pamulang
  • A.Nurul Anwar Universitas Pamulang

Abstract

Generasi muda sebagai generasi pengguna media sosial memegang kendali besar dalam penyebaran informasi dalam kelompok maupun keluarga. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau tiktok menjadi media ekspresi dan eksistensi diri, serta penyebaran berita dan informasi. Namun, generasi muda kurang menyadari peran media sosial sebagai sarana penyebaran informasi dan berita di media sosial yang diterima secara langsung tanpa ditelusuri kebenarannya. penggunaan media sosial juga berdampak pada privasi dan keamanan data. Banyak platform media sosial mengumpulkan data pengguna yang berharga, yang dapat digunakan untuk tujuan yang tidak diinginkan seperti pelacakan iklan dan manipulasi perilaku. Selain itu, kebocoran data dan serangan siber juga merupakan ancaman nyata yang dapat terjadi melalui media sosial. Secara keseluruhan, penggunaan media sosial memiliki manfaat yang signifikan dalam memfasilitasi interaksi dan pertukaran informasi. Namun, pengguna juga perlu menyadari dampak negatif yang mungkin timbul dan mengambil langkah-langkah untuk mengelolanya dengan bijak. Pemerintah, perusahaan, dan individu perlu bekerja sama untuk mengembangkan kebijakan dan praktik yang mempromosikan penggunaan media sosial yang bertanggung jawab dan aman.

References

H. P. Sibuea, D. Fitriana, And Sarip, “Penyuluhan Hukum Etika Digital Bagi Pengguna Media Sosial Di Smk 01 Pelayaran Mundu, Cirebon,” Empower. J. Pengabdi. Masy., Vol. 05, No. 3, Pp. 248–257, 2022.

L. Nabila And R. P. Nabila, “Sosialisasi Dampak Positif Dan Negatif Media Sosial Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 88 Pekanbaru,” Vol. 4, Pp. 4218–4224, 2022.

B. K. Abdul Wahab, Ade Risna Sari, Muhammad Mujtaba Mitra Zuana, Yulius Luturmas, “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0,” J. Pendidik. Dan Konseling, Vol. 4, Pp. 1707–1715, 2022.

Iswanto, N. I. Putri, D. Widhiantoro, Z. Munawar, And R. Komalasari, “Pemanfaatan Metaverse Di Bidang Pendidikan,” J. Teknol. Inf. Komun., Vol. 9, No. 1, Pp. 44–52, 2022.

E. Saputra, “Dampak Sosial Media Terhadap Sikap Keberagamaan Remaja Dan Solusinya Melalui Pendidikan Agama Islam,” Dampak Sos. Media Terhadap Sikap…, Vol. 8, No. 2, P. 160, 2016.

M. Yusi Kamhar And E. Lestari, “Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi,” Intel. J. Ilmu Pendidik., Vol. 1, No. 2, Pp. 1–7, 2019, Doi: 10.33366/Ilg.V1i2.1356.

Neneng Nurmalasari And I. Masitoh, “Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial,” Jurnal.Unigal.Ac.Id, Vol. Volume 4, No. 3, P. 543, 2020.

F. Amilia, G. Rowindi, And S. Mubaroq, “Pemanfaatan Publikasi Di Media Sosial Untuk Lembaga Pendidikan,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., Vol. 6, No. 5, Pp. 1141–1147, 2022, Doi: 10.31849/Dinamisia.V6i5.9355.

Published

2023-07-13

Issue

Section

Articles