MENGEDUKASI PELAKU UMKM DIGITAL MARKETPLACE DALAM PENGGUNAAN APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS WEB
Keywords:
UMKM, APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS WEB, PERHITUNGAN PELATIHAN, MARKETPLACEAbstract
Dengan adanya Apliakasi Akuntansi Berbasis Web di era digitalisasi sangatlah membantu banyak kalangan termasuk para pelaku UMKM. Hal tersebut yang membuat Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini ditujukan untuk mengedukasi para pelaku UMKM Pasar Digital, tentang penggunaan Aplikasi Akuntansi Berbasis Web. Metode yang dilakukan berupa penyampaian materi dan penerapannya, diharapkan berperan penting dalam meningkatkan kinerja dan efektivitas perhitungan data administrasi pelaku UMKM. Perhitungan rinci serta pelaporan akuntansi dalam manajemen keuangan belum tersedia dan hanya ditulis menggunakan buku kas, sehingga menyulitkan pelaku UMKM dalam memantau perkembangan finansial. Hasil menunjukkan setelah kegiatan penyampaian dan penerpan Aplikasi Akuntansi Berbasis Web, sangat berperan pada peningkatan kinerja usaha pelaku UMKM sehingga laporan keuangan lebih rapi dan tertata dibandingkan dengan sebelum mengenal Aplikasi Akuntansi Berbasis Web. Metode yang kami terapkan kepada karyawan PT. Komoditas Timur Tengah pada saat Pengabdian Kepada Masyarakat adalah dengan cara penyampaian materi atau penyuluhan yang diikuti oleh sesi tanya jawab mengenai implementasi cara penggunaan aplikasi akuntansi berbasis web. Pada tahap pertama mahasiswa melakukan kegiatan persiapan materi kemudian mengumpulkan para peserta agar acara bias segera dimulai, lalu ada beberapa sambutan dari ketua kelompok.
References
R. A. Sagita And H. Sugiarto, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web,” Netw. Secur., Vol. 5, No. 4, P. 13, 2016, [Online]. Available: Https://Www.Cliffedekkerhofmeyr.Com/Export/Sites/Cdh/En/Practice-Areas/Downloads/Employment-Strike-Guideline.Pdf.
R. Rachmatika, K. Harefa, And ..., “Penerapan Metode Algoritma Apriori Pada Sistem Penjualan Enoni Cellular,” J. Artif. …, Vol. 2, No. 3, Pp. 185–189, 2021, [Online]. Available: Http://Www.Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Joaiia/Article/View/12373.
F. Yanti And J. Sutresna, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Customer Terbaik Menggunakan Metode Wp,” J. Artif. Intell. Innov. Appl., Vol. 1, No. 2, Pp. 90–95, 2020.
D. Rasapta Et Al., “Mengenal Dan Menerapkan Ecommerce Untuk Mengambil Peluang Usaha Untuk Generasi Muda Di Smk Bistek Cibinong,” Abdi J. Publ., Vol. 1, No. 1, Pp. 1–5, 2022.
N. Ratama Et Al., “Sosialisasi Penggunaan Ecommerce Dalam Perkembangan Bisnis Di Era Digital,” Abdi J. Publ., Vol. 1, No. 1, Pp. 6–12, 2022.
P. Irfan Rizka Akbar, Arif Hidayat, “Penyuluhan Kemampuan Berwirausaha Dalam,” Abdi J. Publ., Vol. 1, No. 1, Pp. 18–23, 2022.
W. Lestari, T. Informatika, U. Nahdlatul, U. Alghazali, T. Informatika, And U. D. Bangsa, “Kommas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang Informasi Administrasi Pengelolaan Keuangan Siswa Pada Mi Kommas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang,” Pp. 1–10.
U. Rahardja, O. Sholeh, And F. Nursetianingsih, “Penggunaan Dashboard Untuk Mengontrol Kinerja Profesionalisme Pegawai Pada Pt . Sinarmas Land Property,” J. Teknol. Inf. Dan Multimed., Vol. 1, No. 2, Pp. 415–418, 2015.
N. Pohan, “Implementasi Barcode Untuk Sistem Informasi Absensi Pada Pt . Coca Cola Distribution Indonesia Pekanbaru,” Vol. 2, No. 2, Pp. 87–102, 2016.
R. A. Wiryawan And N. R. Rosyid, “Pengembangan Aplikasi Otomatisasi Administrasi Jaringan Berbasis Website Menggunakan Bahasa Pemrograman Python,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro Dan Ilmu Komput., Vol. 10, No. 2, Pp. 741–752, 2019.