PSIKOEDUKASI QUARTER LIFE CRISIS PADA DEWASA AWAL

Authors

  • Wilda Ansar Univrsitas Negri Makassar
  • Eka Sufartianingsih jafar Univrsitas Negri Makassar
  • Adliana Univrsitas Negri Makassar
  • Andi Nurafifah Ma’rifat Univrsitas Negri Makassar
  • Andi Asyrina Wulandari Univrsitas Negri Makassar

Abstract

quarter life crisis atau krisis emosional di usia seperempat kehidupan meliputi ketakutan untuk menghadapi kehidupan masa depan baik itu karir, pendidikan, maupun relasi. Hal ini akan berdampak pada kehidupannya dimulai dari karakteristik emosi seperti panik, khawatir, frustasi, kesepian, tidak tahu arah, kecenderungan yang mengarah ke depresi, kehidupannya yang tidak maju serta tidak menyukai kehidupannya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan psikoedukasi quarter life crisis pada masa dewasa awal. Metode yang digunakan yaitu melakukan psikoedukasi dengan memberikan ceramah dan sharing session mengenai “quarter life crisis. Evaluasi dilakukan dengan memberikan pretestt dan posttest. Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil bahwa terdapat peningkatan pemahaman terkait Quarter life crisis setelah pemberian psikoedukasi. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap kesehatan psikologis pada masa dewasa awal khususnya trkait krisis emosional.

References

B. Muthi, W. Djannah, and M. Muslim, “Efektivitas Teknik Contingency Contracting untuk Mereduksi Agresivitas Verbal Siswa SMK,” J. Psikoedukasi dan Konseling, vol. 3, no. 1, p. 40, 2022, doi: 10.20961/jpk.v3i1.28806.

I. M. Simon and R. R. Hidayat, “Perbedaan Pengetahuan dan Kesadaran Multikultural Mahasiswa Calon Konselor dua LPTK Indonesia,” J. Psikoedukasi dan Konseling, vol. 6, no. 1, p. 49, 2022, doi: 10.20961/jpk.v6i1.62497.

E. D. Rahmawati, C. Oktavia, and I. F. Sholichah, “Teknik Self-Management untuk Menurunkan Perilaku Membolos pada Siswa MA,” J. Psikoedukasi dan Konseling, vol. 6, no. 2, 2022,

S. Fauza, R. Purwaningrum, and A. Dewantoro, “Implikasi Self-care untuk Psychological well-being pada Professional Helper,” J. Psikoedukasi dan Konseling, vol. 6, no. 2, 2022, doi: 10.20961/jpk.v6i2.67155.

F. T. Dhion, W. N. E. Saputra, and N. Handayani, “Keberhasilan Konseling Kelompok Teknik Manajemen Diri untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa SMP,” J. Psikoedukasi dan Konseling, vol. 6, no. 2, p. 57, 2022, doi: 10.20961/jpk.v6i2.64244.

N. Ratama et al., “Sosialisasi penggunaan ecommerce dalam perkembangan bisnis di era digital,” Abdi J. Publ., vol. 1, no. 1, pp. 6–12, 2022.

N. Ratama, S. Mulyati, T. Informatika, and U. Pamulang, “Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Materi Pembelajaran Pada Guru Mi Hidayatull,” vol. 1, no. 2, 2022.

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles