PENGEMBANGAN UMKM SIDOARJO SUFYAH CRAFT AKSESORIS MELALUI E-COMMERCE
Keywords:
UMKM, E-commerceAbstract
Untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan branding di mata konsumen maka sistem pemasaran pada usaha ini perlu ditambah antara lain dengan menggunakan tambahan E-Commerce seperti di shopee dan mendistribusikan produk ke beberapa toko di daerah Sidoarjo serta membuka reseller sebanyak-banyaknya. anggota sebanyak mungkin agar produk Sufyah Craft Accessories mudah dikenal oleh masyarakat luas. Memposting beberapa produk baru yang ada di katalog shopee dengan tujuan untuk memperkenalkan kerajinan tangan dari Sufyah Craft Accessories Business dan menggunakan fitur promosi yang disediakan. Hasil pengolahan akun shopee produk Sufyah Craft lebih dikenal oleh masyarakat karena jangkauan penjualan yang sangat luas di seluruh Indonesia dan pelanggan dapat lebih mudah membeli produk dengan praktis tanpa harus keluar rumah dan datang langsung ke tempat produksi, dengan adanya fitur promosi pada akun shopee yang telah dibuat dapat menambah daya tarik pembeli dan meningkatkan penjualan. Aksesoris kerajinan Sufyah merupakan salah satu usaha yang ada di Sidoarjo. Sufyah Craft Accessories memiliki beberapa produk yang ditawarkan dan Berdasarkan hasil penjualan dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan Sufyah Craft Accessories dapat dikatakan sangat puas dengan kualitas yang diberikan, harga dan kesesuaian produk, dan kontak yang baik antara pembeli dan penjual.
References
UU No. 20, “UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,” 2008.
BPK RI, “Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,” Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia - BPK RI, 2017.
D. Karinayah, “Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Sidoarjo.”
Sugiharto, “Memanfaatkan E-Commerce Dengan Benar,” KEMENTRIAN KEUANGAN, 2022.
Gita Putri Azahro, A. Ayu Amalikha, S. Maidah Ariani, K. Sabrina Purnasari, M. D. Firdauzan, and D. Prasetyo, “Pengembangan Komunikasi Pemasaran UMKM D’Lollypop Melalui Media Sosial dan E-Commerce Selama Pandemi Covid-19,” Prapanca J. Abdimas, vol. 1, no. 2, pp. 33–43, 2021, doi: 10.37826/prapanca.v1i2.201.
R. Idayu, M. Husni, and S. Suhandi, “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten,” J. Manaj. STIE Muhammadiyah Palopo, vol. 7, no. 1, p. 73, 2021, doi: 10.35906/jm001.v7i1.729.
L. A. Safitri and C. B. Dewa, “Analisa Pengaruh Masa New Normal Pada Penjualan Online Melalui E-Commerce Shopee,” J. Manaj. Dayasaing, vol. 22, no. 2, pp. 117–125, 2020, doi: 10.23917/dayasaing.v22i2.12494.
A. Ariani and M. N. Utomo, “Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Tarakan,” J. Organ. dan Manaj., vol. 13, no. 2, pp. 99–118, 2017, doi: 10.33830/jom.v13i2.55.2017.
Suyadi and Syahdanur, “Analisis pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Bengkalis Riau,” J. Ekon. KIAT, vol. 29, no. 1, pp. 1–10, 2018.
“Refrensi Gaya Hidup Pendahuluan.pdf.”
opiida, “BFitri Mar`Atus Sholihah (2018) ‘Bab Ii Landasan Teori,’ Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), hal. 8–24.ab Ii Landasan Teori,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 8–24, 2014.