AI UNTUK PENDIDIKAN MENGOPTIMALKAN BELAJAR DENGAN TEKNOLOGI CERDAS DI SMAS AL-KAUTSAR PARUNGPANJANG

Authors

  • Rengga Herdiansyah Universitas Pamulang
  • Cholis Hanifurohman Universitas Pamulang
  • Debby Rahadian Baskhara Universitas Pamulang

Abstract

Di era digital, pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam pendidikan semakin berkembang untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan interaktif. Namun, belum semua institusi pendidikan, termasuk SMA Al-Kautsar Parungpanjang, memiliki pemahaman dan kesiapan dalam mengadopsi teknologi ini secara optimal. Tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya literasi kecerdasan buatan di kalangan guru dan siswa, serta keterbatasan strategi dalam mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan ke dalam kurikulum pembelajaran. Program ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan memberikan pemaparan materi mengenai kecerdasan buatan dalam pendidikan, serta menyelenggarakan pelatihan bagi siswa dan guru dalam memanfaatkan kecerdasan buatan sebagai alat bantu pembelajaran. Program ini akan mencakup pemahaman dasar tentang kecerdasan buatan, penerapan teknologi kecerdasan buatan dalam proses belajar mengajar, serta  pelatihan kecerdasan buatan yang dapat digunakan secara berkelanjutan oleh sekolah. Selain itu, akan dirancang strategi implementasi kecerdasan buatan di SMA Al-Kautsar Parungpanjang, sehingga sekolah memiliki panduan dalam mengadopsi teknologi ini ke dalam sistem pembelajarannya. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan SMA Al-Kautsar Parungpanjang dapat lebih siap dalam menghadapi tantangan era digital serta mengoptimalkan teknologi kecerdasan buatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Program ini juga dapat menjadi model bagi sekolah lain yang ingin mengimplementasikan kecerdasan buatan sebagai bagian dari inovasi dalam pendidikan. Luaran utama dari kegiatan ini mencakup publikasi ilmiah di jurnal nasional. Selain itu, sebagai manfaat bagi SMA Al-Kautsar Parungpanjang, program ini diharapkan menghasilkan pelatihan kecerdasan buatan bagi siswa dan guru, pelatihan kecerdasan buatan agar bisa digunakan secara berkelanjutan, rancangan strategi implementasi kecerdasan buatan di SMA Al-Kautsar untuk mendukung sekolah dalam mengadopsi kecerdasan buatan ke dalam kurikulum.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor. (2024, Februari 21). Retrieved Maret 24, 2025, from Penduduk, Laju Pertumbuhan Penduduk, Distribusi Persentase Penduduk, Kepadatan Penduduk, Rasio Jenis Kelamin Penduduk Menurut Kecamatan di Kabupaten Bogor, 2023: https://bogorkab.bps.go.id/id/statistics-table/3/V1ZSbFRUY3lTbFpEYTNsVWNGcDZjek53YkhsNFFUMDkjMw%3D%3D/penduduk--laju-pertumbuhan-penduduk--distribusi-persentase-penduduk--kepadatan-penduduk--rasio-jenis-kelamin-penduduk-menurut-kecamatan-di-kabupaten-bogo

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. (2024). Retrieved Maret 24, 2025, from Data Referensi SMAS Al Kautsar: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/pendidikan/npsn/69757497

Portal Data Pendidikan. (2025, Maret 17). Retrieved Maret 23, 2025, from Jumlah Peserta Didik Aktif di Kec. Parungpanjang: https://data.dikdasmen.go.id/data-induk/pd/020000/020500/020530

K. Madina, “Menilik Peluang dan Tantangan Penggunaan AI dalam Pendidikan,” Green Network, Jan. 24, 2025. [Online]. Available: https://greennetwork.id/ikhtisar/menilik-peluang-dan-tantangan-penggunaan-ai-dalam-pendidikan/

R. D. Siregar, “Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan,” Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 12–21, 2023.

D. H. Oktavia and G. Suseno, “Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan di Indonesia: Potensi dan Tantangan,” IMEIJ, vol. 5, no. 2, pp. 1680–1686, 2024.

A. Pratama, “Model Pembelajaran Adaptif Berbasis AI untuk Sekolah Menengah,” Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 2, pp. 44–52, 2023.

N. Wulandari and T. Hakim, “Penerapan Chatbot Pembelajaran di Sekolah Menengah,” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 15–23, 2024.

A. Purwanto, “Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan AI,” Jurnal Abdi Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 67–75, 2022.

Kemdikbudristek, “Strategi Transformasi Digital di Dunia Pendidikan,” Jakarta: Kementerian Pendidikan, 2023.

M. A. Abidin, “Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Pembelajaran Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Krembung Sidoarjo,” Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 1, pp. 88–95, 2023.

H. Ramadhani and R. D. Nugroho, “Literasi AI melalui Pengabdian Masyarakat di Sekolah Menengah,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendekia, vol. 4, no. 1, pp. 40–47, 2023.

L. Kartini, “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan AI untuk Meningkatkan Berpikir Kritis,” Jurnal Inovasi Pendidikan, vol. 8, no. 2, pp. 30–38, 2024.

F. Yulianto, “Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Sekolah dalam Adopsi Teknologi Pendidikan,” Jurnal Pendidikan Digital, vol. 1, no. 1, pp. 10–18, 2022.

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles