PELATIHAN TEKNOLOGI KOMPUTERISASI SEBAGAI SARANA INFORMASI UNTUK GURU DAN STAF DI SEKOLAH DASAR NEGERI CILANGKAP
Abstract
Pelatihan Teknologi Komputerisasi sebagai Sarana Informasi untuk Guru dan Staf di Sekolah Dasar Negeri Cilangkap bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi guru dan staf di sekolah tersebut. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kinerja staf dalam mengelola informasi sekolah. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan terstruktur. Materi pelatihan meliputi pengenalan dasar TIK, penggunaan perangkat lunak aplikasi seperti Microsoft Office, penggunaan internet dan email, serta pengelolaan data dan informasi sekolah. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penggunaan TIK bagi guru dan staf di Sekolah Dasar Negeri Cilangkap. Mereka dapat mengembangkan dan memperluas penggunaan TIK dalam kegiatan pembelajaran dan pengelolaan informasi sekolah. Diharapkan bahwa pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi guru dan staf di Sekolah Dasar Negeri Cilangkap, serta dapat dijadikan sebagai acuan bagi sekolah-sekolah lain dalam meningkatkan penggunaan TIK sebagai sarana informasi dan pembelajaran.
References
Z. Muchtar et al., “The Development of Basic Chemistry Practicum based on Video on the Topic of Periodic Table System,” Edukimia, vol. 4, no. 1, pp. 10–17, 2022.
N. , & A. R. Arifah, “Pelatihan Teknologi Komputerisasi Sebagai Sarana Informasi Untuk Guru Dan Staf Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran,” Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 157-162., 2019.
C. K. , & W. C. C. (2018). Hsu, “The Impact of Computer Training on Teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge,” Journal of Educational Computing Research, vol. 58, no. 8, pp. 1349-1369., 2018.
N. M. , Sayuti and I. W. B. (2019). Utama, “Pelatihan teknologi komputerisasi bagi guru dan staf di sekolah dasar.,” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, vol. 4, no. 1, pp. 80-88., 2019.
D. R. , & Siswanto and T. (2019). Widiyanti, “Pelatihan penggunaan aplikasi office bagi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Blora. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(2), 173-180.,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, , vol. 25, no. 2, pp. 173-180., 2019.
D. , & Andriani and Suharno. (2019)., “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Guru Sekolah Dasar.,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 4, no. 4, pp. 585-592., 2019.
S. , & Herliana and D. (2021). Mardiana, “Penerapan E-learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 75-84.,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 75-84., vol. 6, no. 1, pp. 75-84., 2021.
A. (2018). Purwanto, Keamanan Informasi dan Jaringan Komputer. Yogyakarta: Gava Media. Yogyakarta : Gava Media, 2018.