PELATIHAN PEMBUATAN CV PROFESIONAL DAN PENGENALAN DUNIA KERJA BAGI SISWA SMK NEGERI 6 KAB. TANGERANG DALAM MEMPERSIAPKAN KARIER

Authors

  • Sahrul Romdhoni Universitas Pamulang
  • Budi Apriansyah Universitas Pamulang
  • Dewinta Septiani Universitas Pamulang
  • Aldy Bayu Purwanto Universitas Pamulang
  • Fibriyani Nurakhman Universitas Pamulang
  • Welman Saputra Universitas Pamulang
  • Ma’mun Ma’rup Universitas Pamulang
  • Ferza Ramadhon Universitas Pamulang
  • Farid Permana Universitas Pamulang
  • Halili Maar Universitas Pamulang

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan siswa SMK Negeri 6 Kabupaten Tangerang dalam memasuki dunia kerja melalui pelatihan pembuatan CV profesional dan pengenalan proses rekrutmen. Pelatihan dilakukan dengan pendekatan partisipatif yang melibatkan siswa kelas XII dari berbagai jurusan. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa mayoritas siswa belum memahami standar pembuatan CV yang baik serta belum familiar dengan tahapan dalam proses seleksi kerja. Melalui pelatihan ini, peserta dibekali dengan pengetahuan praktis tentang cara menyusun CV, simulasi wawancara kerja, serta penggunaan platform pencari kerja online. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kepercayaan diri siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

References

K. E. Walsh, *The CV Book*, Pearson, 2012.

A. C. Purwanto, “Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa SMK,” *J. Pendidik. dan Pengajaran*, vol. 5, no. 3, pp. 123–131, 2020.

D. Kusuma and B. Santoso, *Pengantar Soft Skills untuk Lulusan SMK*, Pustaka Edukasi, 2020.

N. M. Sari, “Pengaruh Pelatihan Soft Skill,” *J. Pendidikan Vokasi*, vol. 9, no. 2, pp. 145–154, 2019.

A. Hasibuan, *Teknik Wawancara Kerja yang Efektif*, CV Media Pustaka, 2018.

R. Saputra, “Optimalisasi LinkedIn untuk Siswa SMK,” *J. Teknol. dan Pendidik.*, vol. 7, no. 1, pp. 22–30, 2021.

B. Setiawan, “Pengabdian Masyarakat untuk Soft Skill,” *J. Abdi Masyarakat Indones.*, vol. 3, no. 2, pp. 98–104, 2022.

Published

2025-05-24

Issue

Section

Articles