INTERNET SEHAT UNTUK ANAK SD SDIT MADINATUL ILMU CISOKA
Keywords:
Edukasi, Informasi, InternetAbstract
Dengan perkembangan Era serba digitalisasi ini, Dunia teknologi informasi dan komunikasi juga berkembang sangat pesat pesat. Pada abad 21, teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi kebutuhan utama banyak orang. Melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, proses dan kegiatan dapat dilaksanakan dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, semua tingkatan perlu mempelajari pengetahuan tentang penggunaan teknologi informasi. Isi dari kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi mengenai pengenalan bagaimana internet sehat untuk anak sd. Materi ini sangat penting, melihat dari siswa-siswi SDIT yang bisa dibilang diusia yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan juga aktif. Kegiatan ini ternyata mendatangkan respons yang baik dari peserta hal ini dapat dilihat dari hasil pemantauan selama acara menunjukkan bahwa mereka sangat antusias saat menyimak penyampaian yang diberikan. Peserta didik juga berinisiatif untuk bertanya dan menanggapi materi yang diberikan oleh para pembicara. Hasil dari kegiatan tersebut adalah peserta didik diharap mengerti akan penggunaan Internet dan berinternet secara sehat dan aman. Hampir seluruh peserta didik setelah mendapatkan penyuluhan pemahaman mereka dalam menggunakan internet diharapkan lebih baik lagi, tentunya sehat dan aman.
References
“Pendidikan Leterasi Digital Pada Anak Sekolah Dasar” | Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat University Ma Chung, 2022.
“Literasi Digital Perkembangan Media Sosial:, 8. NIM. 3162122006 CHAPTER I.pdf (unimed.ac.id), 2022.
APJII. Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia. In Teknopreuner, 2017.
Santoso, R., Bernard, A., Chandrasekhar, U., Raghavender, N., Sharma, D., Çelik, A., … Dutta, D. Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Materials Processing Technology, 2018.
Farisi, M. Mengembangkan sosial abad ke-21 mempelajari keterampilan melalui integrasi teknologi. Jurnal Pendidikan Jarak Jauh Turki Online, 17(1), 16–30, 2016.
Retnowati, Yuni. Urgensi Literasi Media untuk Remaja Sebagai Panduan Mengkritisi Media Sosial, 2015.
Fitriana, D. Peran Media E-Learning Dalam Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Literasi Matematika dan Norma Sosiomatematik. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus, (0291), 58–62, 2018.
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61–76, 2017.
Kurniawari, Juliana dan Baroroh, Siti. 2016. Literasi media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator Vol. 8 No. 2 Tahun 2016