MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA UNTUK MEMPERSIAPKAN GENERASI BERDAYA SAING DI ERA TEKNOLOGI

Authors

  • Maulida Azzahra Universitas Pamulang
  • Muhammad Afdan Alghifari Universitas Pamulang
  • Malika Azzahra Munadi Universitas Pamulang
  • Imam Hanafi Universitas Pamulang
  • Nabiel Mochammad Lathif Mendur Universitas Pamulang
  • Ade Fikri Universitas Pamulang
  • Lutfi Fadilah Putra Universitas Pamulang
  • Muhamad Syarif Afriansyah Universitas Pamulang
  • Rio Saputro Universitas Pamulang
  • Jupron Universitas Pamulang

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa SMPN 1 Kota Tangerang Selatan guna mempersiapkan generasi yang cerdas, etis, dan berdaya saing di era teknologi. Kegiatan dilaksanakan pada 6 November 2024 menggunakan pendekatan partisipatif dan pembelajaran interaktif. Metode pelaksanaan meliputi pre-test untuk mengukur pemahaman awal, penyampaian materi literasi digital, sesi tanya jawab, dan post-test untuk mengevaluasi peningkatan pemahaman siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dari rata-rata pemahaman siswa, dari 40% pada pre-test menjadi 85% pada post-test. Siswa yang aktif berpartisipasi juga diberi penghargaan sebagai bentuk apresiasi. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan terstruktur dapat meningkatkan literasi digital siswa secara efektif. Program ini diharapkan dapat diadopsi oleh sekolah lain untuk mendukung pendidikan di era digital.

References

Livingstone, S., & Helsper, E. (2007). Gradations in digital inclusion: Children, young people and the digital divide. New Media and Society, 9(4), 671–696. https://doi.org/10.1177/1461444807080335

Prensky, M. (2010). Teaching digital natives: Partnering for real learning. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Warschauer, M. (2004). Technology and social inclusion: Rethinking the digital divide. MIT Press.

UNESCO. (2018). Digital skills critical for jobs and social inclusion. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000262749

Fahrina Yustiasari Liriwati. (2023). Revolusi Digital dan Merdeka Belajar: Meningkatkan Daya Saing Siswa di Era Teknologi. Journal Innovation In Education, 1(3), 221–231. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i3.284

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.

Anggia, D., Ramdan, B., & Juhanda, A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa SMP Ditinjau dari Penggunaan Aplikasi Mobile Learning pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 08(04), 65–75.

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.

Sabila, N., & Hadi, M. S. (2024). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. 2494–2500.

Sari, S. S. (2019). Kemampuan Literasi Digital Kalangan Siswa SMP dan SMA di Daerah Pedesaan Kabupaten Blitar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Setyaningrum, A. (2022). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Digital Di Smp Negeri 1 Mungkid Kabupaten Magelang. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 11(4), 1–13.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Veronika, R., Ginting, B., Arindani, D., Mega, C., Lubis, W., & Shella, A. P. (2022). Literasi digital sebagai wujud pemberdayaan masyarakat di era globalisasi. Jurnal Pasopati, 3(2), 118–122. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/10869

Yudha, D. K., Irawan, I., & Khuntari, D. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMP Pusaka Bangsa Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 17–28. https://doi.org/10.56873/jimik.v7i1.261

Yulisnawati Tuna. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2005(November), 388–397.

Published

2024-12-20

Issue

Section

Articles