SOSIALISASI DAN PENGENALAN LITERASI DIGITAL MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT
Keywords:
Internet, Literasi Digital, Fasilitas, Sosialisasi, HoaxAbstract
Penggunaan internet memberi dampak yang serius untuk masa depan. Khususnya terjadi saat ini dimana pandemi Covid-19 mengubah berbagai pola aktivitas kita. Bahkan sekarang anak-anak dituntut agar dapat menggunakan media digital sebagai sarana pendidikan degan baik. Peluang mudahnya pengaksesan internet disemua kalangan mampu memberikan dampak yang serius bagi semua aspek. Tanpa adanya pengenalan literasi digital memunculkan tindakan tidak bertanggung jawab seperti hoax. Anak- anak warga Jalan Mawar, Ciputat, Banten, kesulitan dalam mendapatkan fasilitas literasi digital, agar anak-anak dapat mengevaluasi dan memanfaatkan informasi secara tepat, cermat dan patuh hukum. Kami mengajukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Sosialisasi dan pengenalan literasi digital menggunakan Microsoft Power point. Pelaksanaan kegiatan pengabdian berlangsung pada hari Minggu, tanggal 16 Oktober 2022, jam 9 pagi bertempat di Pendopo Musholla. Isi materi akan menampilkan pengertian literasi digital, manfaat literasi digital, dampak baik dan buruk teknologi digital, ciri-ciri hoax dan bagaimana cara agar terhindar dari berita hoax. Hasil dari kegiatan sosialisasi dan penerapan literasi digital menggunakan Microsoft Power point memberikan pemahaman bagaimana cara mereka agar terhindar dari berita hoax dengan mengamati perbedaan antara artikel berita yang dipaparkan dalam kegiatan.
References
P. Universitas And F. Harapan, “Sosialisasi Literasi Media Digital Di Sekolah Kristen Pniel Medan Upaya Mengatasi Maraknya Hoax Rose Emmaria Tarigan,” 2021.
L. Rizkinaswara, “Siapkan Masyarakat Hadapi Era Digital Melalui Literasi Digital,” Kementrian Komunikasi Dan Informatika Ri, 2020.
H. Soedarto Harjono, “Literasi Digital: Prospek Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa”.
R. Setyaningsih, E. Prihantoro, U. Darussalam Gontor, U. Gunadarma, And J. Raya Siman, “Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning,” 2020.
A. Tuntutan, D. Realitas, And F. Amilia, “Kompetensi Literasi Infomasi Guru Paud Di Era 4.0,” Dec. 2019.
M. Muhasim, “Pengaruh Tehnologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik,” Palapa, Vol. 5, No. 2, 2017, Doi: 10.36088/Palapa.V5i2.46.
A. Aji Kurniawan, “Rancang Bangun Aplikasi Web Mobile Manajemen Ternak Jangkrik Di Umkm Bos Jangkrik Jogja,” Vol. 9, No. 1, Pp. 62–71.
M. Budi, “Metode Pengumpulan Data,” 2018, Doi: 10.13140/Rg.2.2.35407.12969.
Pt. A. Astawa And I. Md. Tegeh, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Ipa,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 3, No. 1, 2019, Doi: 10.23887/Jisd.V3i1.17663.
P. F. P. Djatu And E. N. A. Yuyetta, “Peran Good Corporate Governance Dalam Menekan Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2008-2011),” Diponegoro Journal Of Accounting, Vol. 2, No. 4, 2013.
O. M. Anwas Pustekkom Kemdikbud Jalan Re Martadinata And T. Selatan, “Kuis Kihajar Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Televisi Dan Internet Kihajar Quiz As An Instructional Model Based On Television And The Internet,” 2013. [Online]. Available: Www.Kihajar.Go.Id
J. Sulianto, M. F. A. Untari, And N. M. Jannah, “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Gaya Siswa Kelas Iv Semester Ii Sd Muhamadiyah 1 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012,” Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), Vol. 2, No. 1, 2014, Doi: 10.26877/Malihpeddas.V2i1.493.