PELATIHAN MEMBUAT MODEL 3D MENGGUNAKAN BLENDER DI SMK BINTANG NUSANTARA
Abstract
Di era globalisasi dimana teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) sangat cepat berkembang maka dunia pendidikan mengalami perubahan dalam pengelolaannya sebagai dampak dari tuntutan memanfaatkan teknologi. Pelaksanaan pembelajaran tidak hanya berbasis offline/luar jaringan saja, namun dengan dukungan teknologi pembelajaran dapat dilakukan secara online/dalam jaringan internet. Perubahan dalam pembelajaran dan tuntutan melakukan inovasi menjadi hal penting yang harus dilakukan [1]. Animasi merupakan salah satu produk dari Desain Komunikasi Visual yang sekarang dapat dinikmati oleh seluruh audiens, karena Indonesia sudah memproduksi beberapa film animasi. Program Blender merupakan salah satu program yang dibutuhkan oleh para pecinta animasi tiga dimensi. Program Blender digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Objek tiga dimensi dapat dibuat di Blender dan dapat diaplikasikan ke animasi maupun multimedia. Program Blender dapat diunduh secara gratis di http://www.blender.org. Para animator dapat dibentuk sejak dini untuk menumbuhkan calon industri kreatif di bidang animasi tiga dimensi. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan calon animator adalah dilakukan pelatihan Blender di sekolah, yaitu SMK Bintang Nusantara. SMK Bintang Nusantara adalah sekolah yang mempunyai beberapa jurusan di antaranya adalah Multi Media. SMK Bintang Nusantara mempunyai fasilitas komputer lengkap dengan daya kerja tinggi yang memang ditujukan untuk multimedia SMK Bintang Nusantara sangat tepat untuk melakukan pelatihan P2M khususnya animasi tiga dimensi. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kita sebagai tim pelaksana P2M ingin memberikan pelatihan khususnya kepada siswa di SMK Bintang Nusantara untuk membuat objek tiga dimensi menggunakan Blender tingkat pemula.
References
B. Amin, "Perubahan dalam Pembelajaran dan Inovasi di Era Globalisasi," Jurnal Pendidikan dan Teknologi, vol. 5, no. 3, pp. 45-60, 2017.
"Visual Communication Design and Its Impact on Modern Animation Techniques," Journal of Visual Arts and Design, vol. 8, no. 2, pp. 120-135.
"3D Animation and Its Applications in Multimedia," Journal of Digital Art and Animation, vol. 4, no. 1, pp. 33-48.
"Blender: Open Source Software for 3D Modeling," International Journal of Digital Media, vol. 10, no. 5, pp. 75-89.
Badan Ekonomi Kreatif, "Strategi Pengembangan Animasi di Indonesia," Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif, 2016.