PENGENALAN GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MATHLAUL ANWAR PAMULANG
Keywords:
Learning Media, Google DocsAbstract
Perkembangan teknologi informasi di globalisasi dan informasi saat ini, memacu perkembangan media pembelajaran semakin maju pula. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai media pembelajaran sudah merupakan suatu tuntutan, khususnya kegiatan tugas individu atau tugas kelompok pada proses pembelajaran terutama dalam kondisi pandemic Covid 19 saat sekarang ini, teknologi sangatlah penting bagi kelancaran proses pendidikan yang berbasis daring. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan aplikasi google docs sebagai media pembelajaran dalam pengerjaan tugas kelompok pada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mathlaul Anwar Pamulang sebagai upaya menekan penyebaran covid-19. Salah satu aplikasi daring yang biasa dipergunakan untuk meningkatkan kreativitas & memudahkan siswa dalam menyelesaikan tugas ialah Google Docs. Google Docs ialah platform aplikasi yang disediakan oleh Google. Platform ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkolaborasi dalam tugas menulis dan bagi guru untuk meninjau, mengedit, dan memberi komentar pada tugas siswa secara real-time. Setelah dilaksanakan kegiatan PkM terlihat adanya peningkatan pengetahuan siswa mengenai pemanfaatan Google Docs yang sebelum sosialisasi sebesar 34.13% dan setelah dilakukan sosialisasi menjadi sebesar 94.38%. Sehingga dapat dikatakan tujuan dari PkM terealisasi yakni para siswa-siswi dapat mengetahui pemanfaatan Google Docs serta memahami cara pembuatan serta manfaat dalam penggunaan fitur-fitur dalam google docs.
References
Astuti, Y., Abidin, Y., & Cahyani, I. (2020). Pembelajaran Menulis Kolaboratif Teks Eksplanasi Berbantuan Google Docs. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 537–542. http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1391
Dharmawan, K., Ramona, Y., Rupiasih, N., & Nilakusmawati, D. P. E. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Google Docs Sebagai Media Pembinaan Karya Ilmiah Remaja. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, October, 45–48.
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Kurniawan, R. (2020). Rekayasa Perangkat Lunak Monitoring Dan Pelaporan Kebersihan Dan Pertamanan Kota Palembang Dengan Teknologi Mobile Cross Platform. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 1(2), 85–92. https://doi.org/10.47747/jurnalnik.v1i2.155
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
MUBARAK, A. K. (2020). Pengaruh Media Visual Diam Miniatur Terhadap Kreativitas Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Samuda Mentaya …. https://edarxiv.org/2ywhk/https://edarxiv.org/2ywhk/download?format=pdf
No Tit.צכןle. (n.d.). 91–96. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171