RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD ISLAMI DAARUNNADWAH BERBASIS ANDROID
Keywords:
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Game edukasiAbstract
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan telah menjadi solusi dan alat yang memudahkan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam menguasai kompetensi terkait dengan komputer. Penggunaan game edukasi dalam pembelajaran terus meningkat, hal ini karena kemampuannya dalam memvisualisasikan permasalahan nyata. Selain itu, game edukasi juga menawarkan metode pengajaran yang cepat, menarik, dan bermanfaat. Adanya aplikasi media pembelajaran ini bertujuan untuk mempermudah anak-anak dalam mempelajari dan memahami pelajaran terkait TIK dan mengambil manfaat bermain sambil belajar. Untuk meningkatkan efisiensi dalam menyediakan aplikasi yang mengandung unsur pendidikan, diperlukan inovasi dan alternatif baru dalam pemograman. Salah satu inovasi tersebut adalah merancang aplikasi mobile yang sesuai dengan perkembangan teknologi mobile saat ini, khususnya berbasis platform android. Proses perancangan aplikasi ini dimulai dari tahap Analisis Sistem, Perancangan Sistem, Pengujian, hingga Implementasi. Hasil yang diperoleh dari aplikasi pengenalan TIK untuk siswa sekolah dasar ini adalah dapat meningkatkan minat belajar siswa dan mempermudah proses pembelajaran.
References
Darmawan, D. & Herliana, A. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Berbahasa Inggris Menggunakan Construct 2 , Vol. 1(1), 300-304.
Panjaitan, R. Dkk. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan, Vol. 8 (1). 141-151
Fatchan, M. (2018). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Adobe Flash, Vol. 8 (1), 43-51
Putra, A. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Aplikasi Adobe Flash, Vol. 2 (1), 28-35.
Fahrurozie, A. (2019). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Komputer Untuk Anak Didik Usia Sekolah Dasar, Vol. 4 (1), 38-47.
Wahid, A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1-5.
Wafda, A. (2019). Pengembangan Game Edukasi Lingkungan Berbasis Android. Fitzpatricks Dermatology, 53(9), 1779-1791.
Rozi, F. & Khomsatun, K. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash, Vol. 4 (1), 12-18.
Firmansyah, D. (2020). Game Edukasi Pengenalan Nama Buah Dalam Bahasa Inggris Menggunakan RPG Maker MV, Vol. 5 (1), 25-34.
Manik Dkk.(2023). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Matematika , Vol. 1(1), 99-108.