PENERAPAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HEWAN ENDEMIK BERBASIS ANDROID
Keywords:
Applications, Virtual Reality, Endemic Animals, AndroidAbstract
Hewan endemik berpengaruh penting bagi hutan kita untuk menyeimbangkan kelestarian alam, Ada beberapa masalah yang dapat dapat diidentifikasi dalam metode pengenalan hewan-hewan endemik di indonesia. Banyaknya anak-anak yang belum mengenal dan mengetahui hewan endemik, dengan adanya kondisi yang terjadi saat ini maka dibutuhkan perancangan media mengenai hewan endemik salah satunya menggunakan teknologi virtual reality. Virtual Reality merupakan teknologi yang telah membuat perbedaan besar pada sejarah pemikiran manusia dan saat ini sedang menjadi trend untuk membantu meningkatkan kualitas kinerja dan produk. Pada penelitian bertujuan untuk merancang aplikasi virtual reality untuk mengenalkan hewan endemik kepada masyarakat khususnya anak-anak. Aplikasi ini dibangun menggunakan software unity dengan bahasa C#. Hasil penelitian ini adalah aplikasi virtual reality kebun binatang adalah alternatif untuk wisatawan yang ingin mengamati binatang dari dekat dengan aman dan selain dapat mengamati binatang , pengguna juga dapat mengetahui tingkah laku binatang serta informasi masing-masing binatang. Sehingga aplikasi virtual reality kebun binatang menjadi aplikasi yang sangat informatif bagi pengguna.
References
D. R. Rahadi, "Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android," Jurnal Sistem Informasi (Jsi), Pp. 661-671, 2014.
M. Saefudin, "Aplikasi Pembelajaran Fauna Endemik Indonesia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android," Jurnal Simetris, Pp. 27-34, 2017.
F. S. Riyadi, A. Sumarudin And M. S. Bunga, "Aplikasi 3d Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kampus Politeknik Negeri Indramayu Berbasis Mobile," Jurnal Informatika Dan Komputer (Jiko), Pp. 72-82, 2017.
Gaur, J., Goyal, A., & Choudhury, T. (2016). A Walk Through Of Software Testing Techniques. 5th International Conference On System Modeling & Advancement In Research Trends, 103-108.
Gilang, B., & Santi, S. M. (2020). Perancangan Media Edukasi Hewan Terancam Punah Dan Hewan Punah Endemik Indonesia Untuk Pelajar Kelas 4 Sekolah Dasar Di Punah Endemik Indonesia Untuk Pelajar Kelas 4 Sekolah Dasar Di. Artcomm – Jurnal Komunikasi Dan Desain, 158-178.
Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 107-116.