PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN PADA PT PAVA MANDIRI MAKMUR DI TANGERANG SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian baik secara parsial maupun secara simultan pada PT Pava Mandiri Makmur di Tangerang Selatan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan sampel penelitian berjumlah 93 responden. Berdasarkan pada hasil uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R Square sebesar 0,541 maka dapat disimpulkan bahwa variabel Harga dan Kualitas Produk berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian sebesar 54,1% sedangkan sisanya sebesar (100 - 54,1%) = 45,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak dilakukan dalam penelitian ini. Berdasarkan pada hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 7,444 > 1,98638 diperkuat dengan nilai Sig. < 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Harga terdapat pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Pava Mandiri Makmur. Berdasarkan pada hasil uji hipotesis kedua diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 9,378 > 1,98638 diperkuat dengan nilai Sig. < 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H2 diterima, hal ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Kualitas Produk terdapat pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Pava Mandiri Makmur. Berdasarkan pada hasil uji hipotesis ketiga diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau 53,043 > 3,10 diperkuat dengan ρ value < Sig. 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H3 diterima, hal ini dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel Harga dan Kualitas Produk terdapat pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Pava Mandiri Makmur.
References
Ambika Shastri (2015 ) Jurnal EMBA Vol 2 No 2, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen
Amilia Dan Asmara.(2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa.Jurnal Manajemen Dan Keuangan.Volume 6
Anggriana, R., Qomariah, N., Dan Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online "Om-Jek" Jember. JSMBI (Jurnal Sais Manajemen Dan Bisnis Indoneisa), 137-156.
Endah Saptutyningsih Dan Esty Setyaningrum. (2019). Penelitian Kuantitif Metode Dan Analisis. Yogyakarta : Gosyeng Publishing
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta. Andi
Ghozali, I., Dan Ratmono, D. (2020). Analisis Multivariat Dan Ekonometrika. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 61-72.
Hasibuan, Malayu SP. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Keempatbelas, Jakarta ,Penerbit : Bumi Aksara.
Ibrahim, M., Dan Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayananterhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 175-182.
Kotler, Philip And Gary Armstrong., (2018). Principle Of Marketing, 17e Global Edition, Pearson Education Limited, New York.
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT TOI. Jurnal Ekonomi, 113-125.
Rohaeni, H., Dan Marwa, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 312-318.
Sembiring, I. J., Suharyono, Dan Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1-10.
Setiawan, A., Qomariah, N Dan Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. JSMBI (Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia), 114-126.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D . Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sulistyawati, N. A., Dan Seminari, N. K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Jurnal Manajemen Unud, 2318-2332.
Tiza, M. F., Dan Susanti, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Perusahaan JNE Cabang Padang). 1-8.
Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal Of Business And Economics Research (JBE), 168-172.
Fauziah Septiani, Dkk,. Jurnal Disrupsi Bisnis Universitas Pamulang, Vol. 4, No.1, Januari 2021 (21-27), P-ISSN 2621 – 797X ; E-ISSN 2746-6841 DOI:10.32493
Holfian Daulat Tambun Saribu, Dkk, Jurnal Akrab Juara, Volume 5 Nomor 3 Edisi Agustus 2020 (274-284)
Kusmanto, Dkk,. Jurnal Mahasiswa Vol.1, No.1 Maret 2020 E-ISSN: 2962-2891; P-ISSN: 2962-2883, Hal 01-16
M. Amri Nasution,. Jurnal Warta Edisi : 59 Januari 2019, ISSN : 1829-7463
Marissa Grace Haque,. E-MABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 2020, Volume 21, Nomor 1, Hal.31-38, APRIL 2020 P-ISSN : 1412-968X, E-ISSN : 2598-9405
Muhammad Thoriq, Dkk,. Kajian Ekonomi & Bisnis, Vol 4 No 6 (2023) 1663-1674 P-ISSN 2620-295 E-ISSN 2747-0490 DOI: 1047467/Elmal.V4i6.3093
Novera Kasanti, Dkk,. AJIE - Asian Journal Of Innovation And Entrepreneurship (E-ISSN: 2477- 0574 ; P-ISSN: 2477-3824) Vol. 04, Issue. 01, January 2019
Rosdiana Aprilyanti, Gatot Prabantoro, Jurnal Manajemen STEI, Volume 03 Number 01 (Maret 2020), P-ISSN :2442-4080
Yudha Dwiputra, Dkk,. (Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora), OI: 10.55123/Sosmaniora.V1i2.402 E-ISSN 2829-2340 | P-ISSN 2829-2359 Vol. 1 No. 2 (Juni 2022) 133-140
Zainuddin, Dkk,. Jurnal Creative Agung, Volume 10 No 1 April 2020, ISSN : 2715 – 5366,