PENGARUH PENAWARAN HARGA DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI RUMAH PADA E-LAGOON TOWNHOUSE KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Mohamad Andrian Okdiansyah Universitas Pamulang
  • Kiki Dwi Wijayanti Universitas Pamulang

Abstract

This study aims to determine the effect of price and location both partially and simultaneously on buying interest in E-Lagoon Townhouse South Tangerang City. This type of research uses a quantitative approach with associative methods. The population in this study were 80 people. By using saturated sampling, the entire population is used as a sample because the population is below 100 so that the sample is 80 respondents. Data analysis using validity test, reliability test, classical assumption test, regression analysis, correlation coefficient, coefficient on determination, and hypothesis testing. The results of the study showed that price has a significant effect on buying interest with a coefficient of determination of 0.98% and hypothesis testing tcount > ttable or (2.912 > 1.990). location has a significant effect on buying interest with a coefficient of determination of 42% and hypothesis testing tcount > ttable or (7.514 > 1.990). price and location simultaneously have a significant effect on buying interest with the regression equation Y = 11,168 + 0,024X1 + 0,532X2. The coefficient of determination is 42,1%.

References

Abubakar, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Alfabeta

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Alma, B. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Eben, E.N., Lumanauw, B., & Trang, I. (2023). Pengaruh Harga Lokasi dan Promosi Terhadap Minat Beli Rumah di Perumahan Sawangan Permai Minahasa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(3), 796-806.

Engel, dkk. (2015). Perilaku Konsumen Jilid 2 Edisi Ke-6. Jakarta: Binarupa Aksara

Elpanso, E. Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Minat Beli Rumah Bersubsidi Pada PT. Sahara Putri Aulia. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap minat beli, pemenuhan kebutuhan perumahan yang layak dapat meningkatkan kualitas kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

Handoko, T. H. (2016). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (edisi 2). BPFE. Yogyakarta.

Harjanto, D. (2016). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada CV. Interhouse Design. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 1(3), 376-381.

Hasibuan, M. S. (2016) Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

James A.F Stoner. (2017). Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Jay Heizer & Barry Render, (2015), Manajemen Operasi Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, Edisi 11, Penerbit Selemba Empat.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kasmir. (2016). Kewirausahaan. In Ke-7. Jakarta: PT Raja Grafindo

Kholes, M.N., & Samboro, J. (2022). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(1), 7-12.

Kotler, P. & Gary Armstrong (2016). Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Ke-9. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. & Gary Armstrong (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. (B.Sabran, Trans). Jakarta: Erlangga

Kotler & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ke-7. Prinsip-prinsip marketing edisi ke-7 Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Mitchell, M., & Bernardus, D. (2018). Pengaruh Lokasi, Fasilitas, Produk, Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Apartemen Phase 4 Ciputra World Surabaya. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(5), 637-646.

Monica, E. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan dan Promosi Terhadap Minat Beli Perumahan Taman Safira Bondowoso. International Journal of Social Science and Business, 2(3), 141-149.

Nasution, S.L., Limbong, H., & Ramadhan Nasution, D.A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ecobisma, 7(2).

Pernanda, Y.R. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Minat Beli Rumah pada PT. Asri Pembangunan Catur Karya Cipta Kota Madya Medan (Studi Kasus Perumahan Bumi Asri) (Doctoral Dissertation, Universitas Medan Area).

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung : CV Pustaka Setia.

Saputra, Randi. (2018). Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Merek Honda. JOM FISIP. Vol.05 No.1.

Sembiring, E. F. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah KPR Subsidi di PT Sinar Jaya Putra Kampar Batam (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Senggetang, V. Mandey, S.L., & Moniharopan, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7 (1).

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. (ketiga). CAPS (Central of Academic Publishing Service).

Suparno, F. O., & Suwitho, S. (2019). Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Wisata Semanggi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(5).

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F (2015:15). Strategi Pemasaran, Edisi Salembam 4. Yogyakarta: Andi.

Published

2025-01-12

Issue

Section

Articles