PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN APARTEMEN PADA PT. HR PRO INDONESIA JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. HR Pro Indonesia Jakarta baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Hasil penelitian Hasil penelitian secara parsial, diperoleh nilai t hitung > t tabel atau sebesar 10.688 > t tabel 1,661 dan nilai sig. 0,000 < nilai sig 5% (0,05) dan nilai t hitung > t tabel atau sebesar 5.356 > t tabel 1,661 dan nilai sig. 0,000 < nilai sig 5% (0,05) sehingga menunjukkan bahwa kualitas pelayanan maupun fasilitas masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT. HR Pro Indonesia Jakarta. Adapun secara simultan, diperoleh nilai F hitung sebesar 56.592 > F tabel 2,70 dan nilai sig. 0,000 < nilai sig 5% (0,05) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan maupun fasilitas secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT. HR Pro Indonesia Jakarta.
References
Salim, M. S. (n.d.). Focusing on Complaints Handling for Customer Satisfaction and Loyalty. European Research Studies Journal, XXI.
Ai Musrifah, M. M. (2020). Implementasi Sms Gateway Untuk Tagihan Pelanggan Menggunakan Gammu Dan Website Sebagai Komplain Pelanggan (Studi Kasus : Perumdam Cianjur). Media Jurnal Informatika.
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Mitra Wacana Media.
Andi Andika Wirawan, H. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 15-16.
Asep Sulaeman. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Cakrawala Citramega. Jurnal : Jurnal Ilmiah (KREATIF) Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan (Unpam). Vol.6, No.1.
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Chandra, F. T. (2015). Service, Citra Wisata dan Setixfaction. Yogyakarta: Andi.
Daryanto, &. I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media.
Davidow, M. (20003). Organizational Responses to Customer Complaints: What Works and What Doesn’t. Journal of Service Research.
Dharmmesta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. .
Dr. Dhaniswara K. Harjono, S. (2016). Hukum Property. Jakarta: PPHBI.
E. Maznah Hijeriah, L. S. (2022). Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa Pada PDAM Tirta Dumai Bersemai Kota Dumai. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK).
Fadhillah, A. Z. (2021). Analysis of Information Quality, Trust and Satisfaction on Customer Participation (Case Study on Customer Online Shop Shopee In Rantauprapat). . Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences.
G. Shams, M. R. (2020). The impact of the magnitude of service failure and complaint handling on satisfaction and brand credibility in the banking industry. Journal of Financial Services Marketing. Retrieved from . https://doi.org/10.1057/s41264-020-00070-0.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.