PENGARUH SERVICE CONVENIENCE DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI BUS PARIWISATA PADA BAYU WISATA TOUR & TRAVEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenyamanan layanan dan pengalaman pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada Bayu Wisata Tour & Travel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Populasi penelitian ini adalah pelanggan jasa transportasi bus pariwisata pada Bayu Wisata Tour & Travel yang berjumlah 81.341 pelanggan. Pemilihan sampel dilakukan berdasarkan metode purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin, sehingga menghasilkan 100 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisis deskriptif, uji instrumen data, uji asumsi klasik, dan uji analisis kuantitatif. Pengolahan data dengan menggunakan alat bantu Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenyamanan layanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, pengalaman pelanggan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, kenyamanan layanan dan pengalaman pelanggan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan.
References
Fandy Tjiptono, G. C., & Tjiptono, F. (2020). Pemasaran Strategik: Domain, Determinan, Dinamika.
Kosasih, N. (2022). Pengantar Manajemen. Guepedia.
Siswanto, B. (2021). Pengantar Manajemen. Bumi Aksara.
Agustiono, A., Listyorini, S., & Nugraha, H. S. (2022). Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Masyarakat Semarang Pengguna Linkaja). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 244-256.
Aisyah, S. (2022). Analisis Peranan Auditor Internal Terhadap Fungsi Pemasaran (Promosi) Pada Hotel Transit Syariah Medan. Accumulated Journal (Accounting And Management Research Edition), 3(2), 198-206.
Al Mansyah, W. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Gardener Pada Pt Iss Indonesia Area Pusat Pengelolaan Gbk Jakarta. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 1933-1942.
Algafiky, R., & Gunawan, R. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Cv. Ara Turangga Putra Megamendung Bogor). Jurnal Manajemen Dinamis, 6(2).
Amalia, R., & Tajuddien, R. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Saluran Distribusi Pada Minat Beli Konsumen Cv. Air Hidup Di Legok-Banten. Journal Of Research And Publication Innovation, 2(1), 623-634.
Anna, K. K. B. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Di Kelas Vii Smp Negeri 01 Tayan Hulu (Doctoral Dissertation, Ikip Pgri Pontianak).
Arif, F., Hutauruk, R., & Sunarsi, D. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Makmur Jaya Energi Di Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12), 610-621.
Astuti, D., Kristianti, L. S., & Akbar, I. R. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Smec Denka Indonesia. Journal Of Research And Publication Innovation, 1(1), 70-82.
Azmi, M. A., & Tajuddien, R. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital, Mutu Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Roti Lina Di Tangerang Selatan. Journal Of Research And Publication Innovation, 2(1), 635-647.
Dermawan, I., & Sularmi, L. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Erafone Artha Retailindo Tangerang Selatan. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 3(3), 78-93.
Dharmanto, A., Setyawati, N. W., & Pg, D. S. W. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Fasilitas Pelayanan Publik Pada Pengguna Trans Jakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(11), 3579-3590.
Diova, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Mix 1st Wins Cafe & Bistro Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).
Effendy, A. A., & Saputra, U. G. A. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Dharma Krida Satria Cabang Serpong Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 3(3), 306-315.
Ernawati, S., Purnamasari, I. T., & Sakti, G. (2024). Analisis Marketing Mix Pada Produk Kain Tenun Masrais Di Kota Bima. Jurnal Cahaya Mandalika Issn 2721-4796 (Online), 5(2), 829-835.
Faris, F. F., & Budiasih, Y. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pusat Kearsipan Badan Riset Dan Inovasi Nasional (Brin) Gunung Sindur. Mrbest, 2(1), 63-70.
Fathanul, V. (2022). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Bts Meal Mcdonald's.(Studi Kasus Di Wilayah Cakung Jakarta Timur) (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).