PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN KEBULI JORDAN BEKASI
Abstract
This research aims to determine the effect of price and promotion on purchasing decisions at the Kebuli Jordan restaurant in Bekasi. The research method used is causal associative with a quantitative approach and assisted by data processing with the SPSS version 26 application. The population at the Kebuli Jordan restaurant is 16,417 consumers. The sample for this research was determined using the Slovin formula as many as 99 respondents. Data analysis techniques use simple linear regression tests, multiple linear regression tests, correlation coefficient tests, coefficient of determination tests and hypothesis tests. The research results show that price has a positive and significant influence on purchasing decisions with a t-count value of 6.803 > t-table 1.984 and a sig. 0.000 < 0.05. Promotion has a positive and significant influence on consumer satisfaction with a t-value of 7.049 > t-table 1.984 and a sig value. 0.000 < 0.05. Price and Promotion simultaneously have a positive and significant influence on consumer satisfaction with the regression equation Y= 10.999 + 0.257 X1 + 0.416 X2. The coefficient of determination value is 38.6% while the remaining 61.4% is influenced by other factors. Hypothesis testing obtained an F-count value of 30.162 > t-table 3.091 and a sig value. 0.000 < 0.05.
References
Abdullah Thamrin & Tantri Francis, (2018). Manajemen Pemasaran. Depok: Raja Grafindo Persada
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing..
Ali, Sadikin et al. (2020). Pengantar Manajemen Dan Bisnis. Yogyakarta. K-Media Yogyakarta
Alma, Buchari (2014). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta
Alma, B (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Rajawali Pers.
Darma, Budi, “Statistika Penelitian Menggunakan SPSS: Uji Validitas, Uji Realibilitas, Regresi Linear Sederhana, Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji f, R2”, Bogor:Guepedia,2021
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (Edisi 10). Cetakan Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasaan Pelanggan. Surabaya: Unitomo. Press
Istijanto. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kotler, & Amstrong (2017). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.
Kotler, & Keller, (2017). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT.Macaman Jaya Cemerlang.
Kotler, P & Amstrong, G (2018) Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., and Armstrong, Gary. (2019). Marketing an Introduction. 10th Edition. Indonesia: Perason.
Kotler, P., and Keller, K. L. (2019). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Nugroho, (2017). Pengantar Manajemen Untuk Organisasi Bisnis Publik dan Nirlaba. Malang ; Universitas Brawijaya Press
Priansa, D. J. (2017) . Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Penerbit Alfabeta
Purba, T. P. & Limakrisna, N. (2017). Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplikasi Dalam Bisnis Di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media
Santoso, S. (2018). SPSS Statistik Parametik. Jakarta: Elex Media Komputindo
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan Edisi 1.Yogyakarta:Andi Offset.
Tjiptono (2020), Strategi Pemasaran Prinsip 7 Penerapan Edisi 1, Yogyakarta. Andy.
Adi, N. & Restu (2018). Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi Berprestasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Bandung: PT Wangsa Jatra Lestari: Jurnal Bisnis dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV
Azahra, Fauzia & Hadita. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli KFC Golden City Bekasi Di Sosial Media. Jurnal Economina, Vol.2 No.2
Cornerlia, Dumarya, M,. & Eko, Santoso. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Citra Bathara Bersaudara Di Subang Jawa Barat. Jurnal Tadbir Peradaban. Vol.3, No.2
Dimas, Muhammad, dkk. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Shopefood Pada Mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress. Vol.13 No.1
Dandi, Junaedi,. Finny Redjeki,. Muh. Dadi Priadi. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian: Studi Kasus Pada Koperasi Mitra Dhuafa Mande-Cianjur. Indonesian Journal Of Economic And Business. Vol.1 No.2. Hal 106-120
Fera, A,. S,. dkk. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Sumber Makmur Kopi Jember. Electronical Journal Of Science And Political Sciences. Vol.10, No.1
Isnurrini H., S., & Sarah Camelia Utari. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Apotek MAMA Kota Depok. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, Vol. 6, No.1, Tahun (2022), Hal. 134-140.
Lidya, Hikolo, Hapsawati, T., Andi, Juanna. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restaurant Tiara Di Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. Jambura: Vol.6, No.1
Marlius, Doni & Jovanka, Nadilla. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, Vol 2 No.2.
Martina, Anggrarwati H,. Rosi, Devi Yanti. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Kilat Khusus Mitra Korporat Kantor Pos Purwokerto. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis Dan Manajemen. Vol.5, No.1
Tika, Pranindyastuti, dkk. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Aksesoris HP (Studi Kasus: Gajah Mungkur Cell Pangkalan Bun). Magenta, Vol 11, No.2. Hal 103-117
Tombeng, B., Roring, F., & Rumokoy, F. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Rumah Makan Raja Oci Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akutansi, 7(1).
Wijaya, Hartadi. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasaan Pelanggan Sepede Motor Sport Yamaha YZF-25 Di Kota Cilegon. Jurnal InTent, Vol.1 No.1
Yogi, Nurfauzi & dkk. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Jounal, Vol 4(1).