PENGARUH LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI INDOMARET PT. INDOMARCO PRISMATAMA CABANG BOGOR
Abstract
The purpose of this study was to determine whether there is an influence between location and promotion on purchasing decisions at PT Indomarco Prismatama Bogor Branch. The method used is associative research with a quantitative approach. In sampling used the Slovin formula and obtained 100 respondents. Data analysis using validity test, reliability test, classical assumption test, regression analysis, coefficient of determination analysis and hypothesis testing. The results of this study are location and promotion have a significant effect on purchasing decisions with the regression equation Y = 7.036 + 0.178 X1 + 0.406 X2. The coefficient of determination is 58.4% while the remaining 41.6% is influenced by other factors. Hypothesis testing obtained the value of F count> F table or (68.067> 3.09). Thus Ho is rejected and H3 is accepted. This means that there is a simultaneous significant influence between location and promotion on purchasing decisions at PT. Indomarco prismatama Bogor Branch.
References
Achmad Rizal. 2020. Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyadi, W. (2020). Jurus Jitu Menguasai Copywriting: Strategi sukses Membangun Bisnis dan Meningkatkan Pemasaran. Anak Hebat Indonesia.
Fatihudin, D., & Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran jasa: Strategi, mengukur kepuasan, dan loyalitas pelanggan.
Firmansyah, M. A., dan Mahardhika, B. W. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, Imam. ( 2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Universitas Diponegoro, Semarang. 2013:47-139.
Heizer, Jay and Render Barry. (2015). Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11. Jakarta: Salemba Empat
Husein Umar. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia
Kotler Philip dan Keller K Lane, Manejemen Pemasaran. (New jersey, Prentice Hall.)
Kotler Phillp. (2021). manajemen pemasaran. CV Budi Utama, Jakarta
Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). United Kingdom: Pearson.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2019. Prinsip – Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kottler, philip. (2002). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Online Public Access Catalog.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Lamb, W, C., Hair, J, F., & McDaniel, C. (2020). MKTG: Principles of Marketing 13th Edition. USA: Cengage.
Michael Baker, S. H. (2021). The Marketing Book. Routledge.
Nawawi. 2012. Kepemimpinan Mengefektifkan Oorganisasi. Yogyakarta, jilid kedua. Jakarta: Erlangga.
Sanusi, Ahmad. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama.
Singgih Santoso. (2020). “Panduan Lengkap Spss 26”. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Jember: CV. Pustaka Abadi. Sugiyono., 2019. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Alfabeta. Bandung. Sujarweni. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka
Supangat. Andi (2020) Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan.
Nonparametrik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Suparyanto dan Rosad .2014. Manajemen Pemasaran. IN MEDIA: Bogor.
Thompson, A., Peteraf, M., Gamble, J., Strickland III, A.J. and Jain, A.K., 2013. Crafting & Executing Strategy 19/e: The Quest for Competitive Advantage: Concepts and Cases. McGraw-Hill Education.
Tjiptono, Fandy. 2015 Stratelgi Pelmasaran Eldisi 4 Yogjakarta: Andi Offselt Tjiptono, Fandy., dan Anastasia Diana (2020), Pemasaran, Yogyakarta: Andi. Tjiptono, Fandy.2012.Strategi Pemasaran Edisi Ke-4.CV Andi:Yogyakarta
ibowo, R. A. (2019). Manajemen Pemasaran. Radna Andi Wibowo. Winardi. (2016). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT Rineka Cipta
Tanjung, A. (2020). Pengaruh store atmosphere, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 5(03), 1-18.
Agustina, Intan, Rendra Wirawan, Sukma Irdiana. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomaret Di Kecamatan Lumajang.
Ayu Mardiyatin Zanah Nurhikmah, Abd Rahman. (2023). Manajemen Program Seni Baca Al Qur'an di MTSN Toba Samosir. Jurnal Manajemen Akuntansi.
Batubara, A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal ilman, 4(1), 33-46.
Caroline Lystia Rut Winasis, Halimah Sandra Widianti, Baruna Hadibrata. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran . Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 392-403.
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Publik, 9(1), 104- 112.