PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO KAOS POLOS MANIA CABANG SUKMAJAYA KOTA DEPOK

Authors

  • Ria Agustina Universitas Pamulang
  • Cornelia Dumarya Manik Universitas Pamulang

Abstract

The purpose of this research is to determine the influence of service quality and price on consumer satisfaction. The method used is a quantitative associative approach. The sampling technique used accidental sampling technique with the Slovin formula and a sample of 91 respondents was obtained. Data analysis uses validity tests, reliability tests, classical assumption tests, regression analysis, correlation coefficients, coefficients of determination and hypothesis testing. The results of this research are that Service Quality influences Consumer Satisfaction with a coefficient of determination value of 66.6% and the hypothesis test obtained t count > t table or (13.319 > 1.988). Price has a significant effect on consumer satisfaction with a coefficient of determination value of 76.4% and the hypothesis test obtained t count > t table or (16.990 > 1.988). Service Quality and Price simultaneously have a significant effect on Consumer Satisfaction with the regression equation Y= 4.276 + 0.107X1 + 0.776X2. The coefficient of determination value is 76.7% while the remaining 23.3% is influenced by other factors. Hypothesis testing obtained a calculated F value > F table or (144.516 > 3.10).

References

Ananda, R., & Manik, C. D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Produk Nike Di Pt. Giordano Indonesia Tangerang). Spectrum: Multidisciplinary Journal, 1(1), 1-16.

Anugerah, R. O. A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Harga Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di Pt Agung Anugerah Motor Bekasi. Jurnal Economina, 2(3), 766-784.

Ardina, S. (2023). Manajemen Marketing Di Play Group Tkit Adzakia Iii Padang Tahun Akademik 2022/2023. Unisan Jurnal, 2(2), 441-448.

Arta, D. N. C., Tannady, H., Moridu, I., Saiful, N. A. Q., & Jayanto, I. (2022). Peran Training Version Control Dan Stres Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Perusahaan Teknologi Digital Di Dki Jakarta. Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej), 3(5), 2696-2704

Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2018). Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Pieces. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2).

Ayuningtyas, E., Santoso, B., & Winahyu, P. (2023). Analisis Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Diversifikasi Produk, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Empiris Loyalitas Pelanggan Pada Mie Apong Sampurna Gebang Jember). Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (Jme), 2(1), 99-114.

Darim, A. (2020). Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22-40. Fitri, A. Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Fisik Di Desa Pesikaian Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi.

Desafitri, L., Irfal, I., & Justin, B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedai Kopi Uptown Brew, Greenlake City, Tangerang. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 402-408.

Eldawati, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Furniture Studi Kasus Pada . Alzaid Furniture Kabupaten Pesisir Selatan. Matua Jurnal, 4(1), 39-52.

Fauzi, A., Prayogo, A., Luthfiana, H., Pertama, N. A., Setyawati, P., & Rahellea, S. L. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan Dalam Unit Yang Diperlukan Untuk Mencapai Target Laba Pada Perusahaan Dagang: Produk, Harga Dan Promosi (Literature Review Akuntansi Manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5), 505-512.

Indra, I., Pratiwi, W. A. A., & Putra, Y. D. (2022, October). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Penjualan. In Forum Ekonomi: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi (Vol. 24, No. 4, Pp. 711-716).

Kumala, F. O. N., & Anwar, M. K. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Pt. Hasanah Mulia Investama. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 26-39.

Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Ko We Cok Di Solo. J-Mind (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1-13.

Lengkong, D. (2018). Kemampuan Manajerial Camat Terhadap Kinerja Pegawai Di Kecamatan Aertembaga Kota Bitung. Pembimbing. Jurnal Administrasi Publik, 4(59).

Lumintang, G., Areros, W. A., & Tamengkel, L. F. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil Karunia Kiawa. Productivity, 4(2), 229-238.

Mahanani, E., & Kudratul Alam, I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan D’besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan D’besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat, 19(01), 11-22.

Manullang, N. R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Extra Qilo Laundry Kiloan Di Kota Batam (Doctoral Dissertation, Prodi Manajemen).

Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Nizamuddin, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Trans Sumatera Agung Gatot Subroto Medan. Ekonomika45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(1), 167-181.

Nofindri, M. L., Sutarjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Mini Market Wirda Kota Padang. Matua Jurnal, 3(1), 59-72.

Nurhikmah, T., Fauzi, A., Putri, S. C. T., Asmarani, D., Damayanti, V., & Thalitha, R. F. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Layanan Transportasi Online (Go-Jek): Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 646-656.

Parasuraman,Zeithaml,Dan Berry Dalam Buku (Zulianyamit 2018:32-33).Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa.Edisi Ke Enam, September (2018), Penerbit Ekonisia Yogyakarta. Isbn: 978- 979-9015-71-6.

Patonengan, J., & Setiawan, I. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Peningkatan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 6(2), 149-159.

Prasetiyo, A. H., Rustamaji, D., Sumarni, S., & Nadhifah, N. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Presepsi Harga Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Jne Babat Lamongan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 463-472.

Prof Michel J Baker (Zulian Yamit). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Edisi Ke Enam, September (2018), Penerbit Ekonisia Yogyakarta. Isbn: 978- 979-9015-71-6.

Purnama, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Alfaria Trijaya, Tbk. Jurnal Ilmiah Publika, 11(1), 329-336.

Purwaningrum, A. A., & Wd, M. A. S. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Wahyu Fotocopy Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir. Jurnal Economina, 1(2), 95-108.

Putri, C. A., & Trisnowati, J. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Sfa Steak & Resto Karanganyar. Surakarta Management Journal, 3(1), 11-19.

Realino, D., Gula, V. E., & Jelita, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen:(Studi Pada Mahasiswa Pengguna Ojek Konvensional). Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(4), 68-81.

Rozi, M. F. A. I. F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Nkualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Mahasiswa Manajemen

Saputra, M. R., & Riyadi, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Pengiriman Barang Pada Pt Surya Jaya Cargo Di Sandul. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(2), 165-174.

Sari, A. (2022). Penerapan E-Marketing Menggunakan Model Oohdm Dan Strategi Marketing 7p (Studi Kasus: Sudden Inc). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(4), 80-85.

Sari, N. L. P. D. A. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Grosir Tirta Yasa Kecamatan Banjar (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801-1812.

Sasangka, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart'90 Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 2(1), 129-154.

Sudaryana, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Indonesia (Persero) Kota Tangerang. Journal Of Management Review, 4(1), 447-455.

Sudiantini, D., Hafsari, P., Fhauzan, R. F., Kusuma, S. V., & Deisler, S. (2023). Peran Manajemen Pemasaran Global Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 67-77.

Sugeng, I. S., Suardhita, N., & Rafik, A. (2018). Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor N-Max Di Kota Bekasi. Aktiva-Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 10-10.

Published

2025-01-01

Issue

Section

Articles