PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK SMARTPHONE OPPO RENO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ERAFONE MERUYA SELATAN JAKARTA BARAT
Abstract
This research aims to analyze the influence of price and product quality Oppo Reno on consumer satisfaction at Erafone Meruya Selatan, West Jakarta. This research method uses quantitative descriptive. The number of samples used was 105 respondents using the Simple Random Sampling Technique. Data collection techniques in this research used a questionnaire. The analysis in this research uses SPSS software version 27. The results of this research are Price (X1) on Consumer Satisfaction (Y), the regression obtained is Y = 2,119 + 0,927 X1. The tcount value is 13.527 > ttable 1.660, thus the results of the H1 hypothesis are accepted. In the variable Product Quality (X2) on Consumer Satisfaction (Y), the regression obtained Y = 1,450 + 0,955 X2 The value of tcount is 17.531 > ttable 1.660, thus the results of hypothesis H2 are accepted. Simultaneously with the variables Price (X1) and Product Quality (X2), the regression obtained Y = -1,793 + 0,330 X1 + 0,698 X2 . The Fcount value is 117.673 > Ftable 3.091, thus the results of the H3 hypothesis are accepted.
References
Ananda, R., & Manik, C. D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen: (Studi Kasus Produk Nike di Pt. Giordano Indonesia Tangerang). Spectrum: Multidisciplinary Journal, 1(1), 1–16.
Amirudin., Renny, RR Anggraini., & Hermanan, H. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko UMMKM Global Bakery Parung Bogor. Jurnal Ilmiah M-Progress Vol. 14, No.2, 2024.
Aldi An Nurfalah, Surti Zahra, & Mohamad Bayi Tabrani. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen: Studi Kasus Kedai Kopi Mustafa85 Di Pandeglang Banten. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(2), 313-318.
Ackaradejruangsri, pajaree. (2019). The Effect Of Product Quality Atttributes On Thai’s Consumer Buying Decisions. Journal Of Asia Pacific Studies, vol. 3, no. 3, pp. 14-24.
Athira t.s, arlin f, m. Trenggana. (2016). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pengguna telkomsel (studi pada mahasiswa universitas telkom bandung), jurnal manajemen & bisnis, vol. 3, no. 1.
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen: (Effect Of Service Quality, Product Quality And Price On Consumer Satisfaction). EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1 - 14.
Desti, suzy. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan Vol 4 Spesial Issue, 3.
Hermina, Tinneke, Pauzi. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Smartphone Sony Pada Pt. Maju Jaya Cicaheum Bandung, Jurnal Wacana Ekonomi, 16(2), 29-36.
Maramis, Sepang Dan Soegoto. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Jurnal Emba Vol. 6 No. 3.
Nelli Rizayanti. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Haga Terhadap Kepuasan Konsumen Socolatte Di Pidie Jaya. (Skripsi Studi Ilmu Ekonomi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh).
Nasirudin, M., Yulisetiarini, D., & Suroso, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Word Of Mouth Perusahaan Conato Di Jember. Relasi : Jurnal Ekonomi, 14(1), 68 - 86.
Purnomo, P., & Salami, M. M. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Tengkleng Judes Rajeg Kabupaten Tangerang. JEAC : Journal of Economic Academic, 1(01), 30–42.
Purnomo edwin setyo. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks”. Performa: Jurnal , Manajemen Dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 6, 755 – 764.
Prayogo, B & Khairina, Batubara, Z. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains, Vol 2, No. 2
Rahayu, E. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 1-10.
Ramdhani, D., & Suzy Widyasari. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 3), 1651–1667.
Ugeng, BH., dkk. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). Point: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 2, No.1, 2020.
Zulkarnaen, W., & Amin, N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(1), 106-128.
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Basu, Swastha. (2018) . Manajemen Pemasaran : Analisa Dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE UGM.
Daryanto, & Setyobudi, i. (2019). Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Umkm Di Kec. Pangkatan.
Giese, & Cote, j. (2018). Defining Consumer Satisfaction. Academy Of Marketing Science Review, 1.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5 . Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kasmir. (2016). Kewirausahaan. Penerbit: PT. Raja Grafindo.
Priharto, s. (2020). Indikator Kepuasan Pelanggan. https://accurate.id/marketing-manajemen/indikator-kepuasan-pelanggan/
Smith, Adam (2017). An Inquiry Into The Nature And Causes Of The Wealth Of Nations.
Sunyoto, d. (2020). Dasar- Dasar Manajemen Pemasaran (Ketiga). CAPS (Center Of Academic Publishing Service).
Sangadji, etta mamang; sopiah. (2017) . Perilaku konsumen. Yogyakarta. Andi.
Santoso, S. (2017). Statistik Parametrik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Cetakan Pertama, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Stanton, William J. (2020). Prinsip pemasaran, alih bahasa: Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.
Tjiptono , f. (2016 ). Manajemen jasa . Yogyakarta : Andi.
Taniredja, Tukiran. (2016). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta