PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DI HOME CREDIT AEON MALL BSD
Abstract
The purpose of this study was to determine whether there is an influence between service quality and brand image on consumer trust at Home Credit Aeon Mall BSD. both partially and simultaneously. The method used is descriptive associative method. In sampling, the Slovin formula was used and 99 respondents were obtained. Data analysis uses validity test, reliability test, classical assumption test, regression analysis, coefficient of determination analysis and hypothesis testing. The results of this study are Service quality and brand image have a significant effect on consumer confidence with the regression equation Y = 6.445 + 0.161 X1 + 1.011 X2. The coefficient of determination is 60.3% while the remaining 39.7% is influenced by other factors. Hypothesis testing obtained the value of F count> F table or (72.945> 3.09). Thus Ho is rejected and H3 is accepted. This means that there is a simultaneous significant influence between service quality and brand image on consumer trust at Home Credit Aeon Mall BSD.
Keywords: Service Quality, Brand Image, Consumer Trust
References
Aditama. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada toko emas berkah subang. Bandung.
Adji, J. (2014). Pengaruh satisfaction dan trust terhadap minat pembelian di starbucks the square surabaya.
Andriono, A. (2023, Maret 14).Com Strategi manajemen pemasaran komprehensif untuk meningkatkan penjualan: tinjauan teoritis. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(2), 257-265
Arifin, T. D. (2022). Pengaruh brand image terhadap minat peserta didik melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi (penelitian pada peserta didik kelas xi ips sma pgri 1 Bandung). Bandung.
Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Andi Offset, Yogyakarta.
Fandy, Tiptono. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi
Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi
Fandy, Tjiptono, Ph.D. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta
Ferinadewi, E dan Pantja Djati (2016). Upaya mencapai loyalitas kaonsumen dalam perspektif sumber daya manusia. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol.6, No. 1, Maret 2010: 15-26
Gesi, B., Laan, R., & Lamaya, F. (2019). Manajemen dan eksekutif.
Kotler, Philip, dan Gary Amstrong (2017). Prinsip-prinsip pemasaran jilid 1 edisi 12 Jakarta: Erlangga 112
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Purwono, F. H. (2019). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Mix Method).
Rasyiqoh, F. S. (2014). Strategi Bauran Pemasaran Umroh PT. Alia Indah Wisata. Ratnawaty Chotim, E. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif.
Ridwan, M. &. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kepuasaan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online Lazada Di Batam. Batam: Siahaan, Wita Nensa.
Robbins, P.S., & Coulter, M. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih. Bahasa:Bob Sabra
Santoso, S. (2015). SPSS Pengolahan Data Statistik di Era Informasi, Jakarta, PT. Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.
Schiffman, L. G. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen Bimbingan Belajar Genius. Dewi Maryunizah.
Serawati, B. W. (2022). Peran Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kopi Kaki Lima “WAKEUP” Kota Kediri. kediri.
Sogiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Wahdiniwaty, A. P. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan, Promosi Online Berbasis Media Sosial Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan
Nasabah. Studi Kasus Pada Nasabah Pt. Bank Papua Yang Di Kota Malang. Malang: Kampus Akademik.
Yuratnasih, Y. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Perpurnas.
Batar Andi, Jobhaar Bima, Zainuddin Rahman, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Ford. VOL. 2 NO. 1 (2018) ISSN : 2598-8301
Budiono, Aris. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Volume 17, Issue 02, Juli 2020 p-ISSN 0216-5287, e-ISSN 2614-5839
Hafidz, Gilang Pratama, Ririn Ulfianih Muslimah. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife, Vol. 7 No. 1, 2023P-ISSN; 2541- 5255 E-ISSN: 2621-5306
I Dewa Gde Agung Ekaprana, I Made Jatra, I Gusti Ayu Ketut Giantari. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang. Vol. 9, No. 8, 2020 : 2895-2914 ISSN : 2302-8912
Isyanto, Puji, Kartika Wijayanti, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express Pada Masa Pandemi COVID-19. VOL. 6 NO 2 (2022) ISSN : 2548-9224
Kusuma, Wijaya, Novi Marlena. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-jek di Kota Surabaya Volume 9 No 2 Tahun 2021 ISSN 2337 – 6078
Ramadhan, Afif Ghaffar, Suryono Budi Santosa, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Volume 6, No 1 (2017) Hal 1-12 ISSN: 2337-3806
Setyowati, Erni dan Wiyadi. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Vol. 18, No. 2, Desember 2016
Tombokan, Feiby, Lotje Kawet, Yantje Uhing. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Taplus BNI Kantor Cabang Utama Manado. Vol.3 No.3 Sept. 2015, Hal.552-561
Ulya, Nadia Nailil, Sri Rahayu Tri Astuti. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Optik Gajahmada Semarang. Volume 5, Nomor 3, Tahun 2016, Halaman 1-8 ISSN (Online) : 2337 – 3806